Iptek dan Lingk. Hidup

Hyundai Akan Bangun Pabrik Mobil Listrik Di Karawang

(republika.co.id)-JAKARTA; Perusahaan otomotif asal Korsel Hyundai Motor Company akan membangun pabrik mobil listrik di Karawang, Jabar. Angka investasinya sekitar 1 miliar dolar AS atau Rp 14 triliun (Rp 14 ribu per dolar AS)

 

“Hyundai mau investasi 1 M dolar AS, dan sudah dapat tanahnya di Karawang. November-2019 mereka akan tanda tangan di Seoul, Korea Selatan,” kata Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, (26/7).

 

Menurutnya penandatangan kesepakatan investasi akan disaksikan langsung Presiden RI dan Presiden Korsel Moon Jae-in. Produsen mobil terbesar di Negeri Ginseng itu disebut akan membangun pabrik mobil listrik yang semua proses perakitannya dilakukan di Tanah Air.

 

Investasi 1 M dolar AS digelontorkan bertahap untuk pembangunan pabrik di Karawang. Dia belum bisa memastikan kapan peletakan batu pertama proyek ini dilakukan. Yang pasti, saat ini pemerintah tengah mendorong agar ada percepatan penyelesaian perizinan investasinya.

 

“Hyundai mau bikin 2 pabrik, satu di Karawang dan kita tawarkan satu lagi di Jateng” katanya. Meski belum mengetahui lokasi di Jateng, Luhut mengatakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah menawarkan opsi lokasi yang bisa digunakan untuk investasi ini.

 

Mntan Menko Polhukam itu mengatakan pemerintah akan mengkaji lokasi pabrik baterai mobil listrik akan tetap di Morowali, Sulteng, atau ikut diboyong ke Karawang agar lebih dekat pada fasilitas produksi mobil listrik. Yang pasti, pasokan bahan baku baterai mobil listrik telah tersedia di Tanah Air sehingga tidak perlu ada kekhawatiran kekurangan.

 

Khusus produksi baterai lithium untuk mobil listrik, dia akan mendorong perusahaan asal Korsel LG bisa masuk dan bekerja sama dengan Contemporary Amperex Technology Ltd (CATL). Perusahaan asal China itu salah satu produsen baterai mobil listrik terbesar dunia. “Baterai lithiumnya kita buat antara CATL dan kita berharap juga LG (ikut berinvestasi),” tukasnya.

 

(Red: Ichsan Emrald Alamsyah; Bahan dari : https://www.republika.co.id/berita/pv98tk349/hyundai-berencana-bangun-pabrik-mobil-listrik-di-karawang)-FatchurR *

*** Bagus lagi kalau produksinya mayoritas di eksport sekaligus membuka lapangan kerja FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close