YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Klub Senam P2tel Bandung Timur Dan Senam Jantung

Seperti rutin dilaksanakan, Klub Senam Bandung Timur “Antapani” pada hari Jumat tanggal 23 Agustus 2019 jam 06.00-07.00 Wib. Diikuti oleh 65 peserta dan setelah itu para peserta dipersilahkan makan nasi kuning dalam rangka HUT UG ke 6. Semoga lancar terus dan jaya.

 

Disamping itu seminggu sebelumnya yaitu pada hari Jumat tanggal 16 Agustus 2019 juga dilaksanakan Senam Jantung Sehat METRO Bandung Timur. Kegiatan Olah Raga ini dilakukan pada Jam 07.30 – 08.30 di Lapangan Taman Saturnus Margahayu Raya Bandung. Marilah kita ikuti hal hal tentang Senam Jantung Sehat ini dari sumber berikut ini :

 

Bagi penderita jantung, senam ini sangat dianjurkan. Pasalnya, senam jantung sehat bersifat terarah, terukur, dan teratur. “Tapi sebelum bersenam jantung diharuskan hitung denyut nadi agar kita tahu  jantung kita normal atau tidak. Sehingga saat ikut senam, tidak mengalami hal2 yang tidak diinginkan” kata Sarmini, instruktur senam RSI SA, dalam rilis pada Tribunjateng.com.

 

 

 

Sarmini mengingatkan peserta senam jantung harus diawali persiapan pemanasan dan peregangan otot serta pendinginan. Ada perbedaan sedikit antara senam jantung sehat dengan senam aerobik atau yang lain. Dalam senam jantung sehat, peserta tak dianjurkan minum satu jam sebelum atau sesudah senam.

 

Aturan ini dilakukan agar peserta mendapatkan hasil yang maksimal dalam penyembuhannya. Agar dapat hasil maksimal, idealnya dilakukan tiga kali seminggu dan benar-benar mengikuti gerakan instruktur secara bersungguh-sungguh.

 

 

 

Dia tambahkan, persepsi “yang penting keringetan” juga patut diluruskan karena sejatinya tujuan senam adalah pemeliharaan organ jantung. RSI SA menggelar senam bersama komunitas jantung sehat dipandu instruktur yang berpengalaman setiap Selasa pagi pukul 07.00 WIB.

 

 

 

 

Saat ini penyakit jantung masih menduduki peringkat dua teratas sebagai jenis penyakit penyebab kematian di Indonesia versi Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes.

 

 

 

 

 

Faktor gaya hidup seperti gemar konsumsi makanan junk food dan jarang berolahraga dituding sebagai peyebab utama penyakit jantung. Amat dianjurkan memperbanyak makanan berserat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan serta rutin berolahraga.

 

 

(Kiriman Haryanto; Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Inilah Manfaat dan Aturan Senam Jantung Sehat Bagi Penderita Penyakit Jantung, Editor: abduh imanulhaq : https://jateng.tribunnews.com/2017/02/08/inilah-manfaat-dan-aturan-senam-jantung-sehat-bagi-penderita-penyakit-jantung)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close