Wisata dan Kuliner

Mancing Di Tebing Di Pantai Gunungkidul

(travel.kompas.com)-JOGYA; Berkunjung ke Kab-Gunungkidul, bisa nikmati keindahan pantainya. Juga bisa memancing yang merupakan spot asyik bagi penyukanya di atas tebing. Tebing pantai di daerah ini seakan tak ada habisnya mulai daerah timur, Kecamatan Girisubo hingga barat daerah Panggang.

 

Potensi itu oleh komunitas Handayani Rock Fishing (HRF) ikut mempromosikan wisata minat khusus. Salah satu pemancing dalam grup HRF, Fajar Guntoro menyampaikan, hampir seluruh tebing di pantai selatan berpotensi untuk memancing. Hal itu terbukti, beberapa tahun terakhir dia memancing dari ujung timur sampai barat hasilnya cukup baik.

 

Memancing melalui tebing harus lihat situasi angin dan ombak, biar berhasil. “Paling potensial Pulau Kalong, Wediombo, di Girisubo. Itu target mancing mania rock fishing. Biasanya ikan GT (Giant Traveling), Kakap sampai kerapu banyak” ucapnya ditemui di Pantai Baron, Minggu (28/7/2019).

 

“Selain itu spot bagus ada di Pantai Kesirat, Bekah, pokoknya banyak. Ada hampir 200-an spot rock fishing. Untuk yang suka naik kapal jukung juga ada. Dengan kapal ada di 8 titik pantai,” ucapnya.

 

Potensinya menarik wisatawan yang ingin sesasi camping dan memancing. Saat memancing  disuguhi pemandangan indah dari atas tebing. “Di Gunungkidul lautnya bersih, sampah tidak  banyak”. Komunitas ini mengajak pemancing dari Indonesia hadir, ada lomba. Sebanyak 104 tim ikut GRFT 2019 dan satu pengawas. Pengawas ini dari masyarakat Pantai Baron, Desa Kemadang, Kec-Tanjungsari.

“Kita tadi lombakan pengawas mencari pemungut sampah terbanyak dapat hadiah sepeda. Kami ajak pemancing tidak buang sampah plastik sembarangan,” katanya. Kondisi laut selatan Gunungkidul kini asri. Jarang ada sampah plastik. “Kelestarian laut harus dijaga,’ katanya.

 

Pemancing asal Sleman, Wigiarso menceritakan, memancing di tebing ini. Banyak tantangan jika ingin memancing di tebing kawasan ini. Jalanan yang sulit dilalui hingga harus hati2 lantaran angin kencang. ” Memancing disini asyik, pantainya indah. Saya sudah beberapa tahun memancing di sini,” katanya. Lainnya, Pujiana menceritakan selain harus menginap, mereka harus persiapan matang. “Kalau memancing di tebing ibaratnya, sekali lempar seribu harapan dapat seekor ikan.

 

Pengalaman saya pernah dapat 16 kg ikan, sampai kini belum pernah dapat ikan sebesar itu lagi”.

 

Memancing Promosi Wisata Aman

Ketua Pelaksana Kegiatan, Amri Santoso menjelaskan kegiatan rutin sudah 2x dilakukan. Selain OR, juga untuk mempromosikan wisata di pantai selatan. Itu karena banyak berita simpang siur terkait kondisi pantai selatan jawa terutama Gunungkidul.

 

“Kita harus akui senjak cuaca buruk dan gelombang tinggi beberapa tahun lalu membuat kunjungan wisata makin menurun. Kami berupaya mengangkat kembali jumlah kunjungan wisata” kata Amri. “Dengan kegiatan ini yang diikuti 104 tim dari daerah2 semoga dapat menceritakan ke masyarakat lain bahwa pantai selatan kini aman untuk dikunjungi,” ucapnya.

 

Selain promosi juga mengajak warga dan wisatawan tidak membuang sampah sembarangan terutama plastik. Sebab, laut adalah masa depan untuk anak cucu. “Laut untuk masa depan kita, jika rusak siapa yang mau berkunjung dan mencari ikan nantinya,” kata Amri.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Yuk, Coba Mancing di Atas Tebing di Pantai Gunungkidul”, Penulis : Kontributor Yogyakarta, Markus Yuwono; Editor : Wahyu Adityo Prodj; Bahan dari : https://travel.kompas.com/read/2019/07/29/181300727/yuk-coba-mancing-di-atas-tebing-di-pantai-gunungkidul)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close