Kesehatan

Pentingnya Asupan Serat Bagi Diabetes

(1health.id)- Tak ada kata terlambat  mengubah gaya hidup jadi lebih sehat. Apalagi bila Anda Diabetasi.  Salah satu cara mengontrol penyakit ini dengan menerapkan pola makan sehat-seimbang. Di dalamnya termasuk mengonsumsi serat yang cukup.

 

Selain menjaga kesehatan pencernaan, serat ternyata punya manfaat khusus bagi penderita diabetes. Berikut ini alasan pentingnya asupan serat bagi penderita diabetes:

 

1-Mencegah rasa lapar

Makanan berserat bisa membuat perut lebih kenyang sehingga mencegah rasa lapar dalam waktu lama. Makanan berserat membuat lambung terasa lebih penuh sehingga membuat keinginan Anda makan lebih jadi tertahan. Ini baik bagi diabetasi, membatasi asupan makanan untuk mengontrol kadar gulanya.

 

2-Mencegah komplikasi

Makanan yang mengandung serat seperti apel dan brokoli mengandung zat anti-inflamasi yang dapat menghambat proses penyerapan estrogen dalam darah. Hal ini membantu penderita diabetes terhindar dari risiko penyakit lain yang bisa ditimbulkan akibat penyakit diabetes.

 

3-Membantu menjaga kesehatan usus

Mengonsumsi makanan serat, terutama serat larut (apel, kacang2an, dan oat), membantu mengurangi penumpukan lemak di perut. Serat tinggi juga menurunkan risiko wasir. Hal ini karena makanan berserat mampu berfermentasi di usus besar, sehingga menjauhkan Anda dari gangguan usus.

 

4-Memperlambat proses penyerapan gula

Buah dan sayur yang mengandung tinggi serat membantu menurunkan kadar glukosa dengan memperlambat proses penyerapan gula dalam aliran darah, sehingga merupakan pilihan makanan yang tepat untuk penderita diabetes.

 

5-Berfungsi sebagai Antioksidan

Banyak sumber makanan yang mengandung serat juga mengandung antioksidan. Antioksidan ini baik untuk sel-sel di dalam tubuh dalam mencegah penyakit infeksi. Dengan demikian, penderita diabetes bisa meningkatkan kualitas hidup.

 

6-Menurunkan kadar koesterol

Serat yang ditemukan dalam kacang-kacangan, gandum, dan oat, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Ketika kolesterol bisa dicegah, maka tubuh menjadi lebih sehat.

(Article By Rianti Fajar; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/diet-dan-nutrisi/pentingnya-asupan-serat-bagi-penderita-diabetes.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close