RSS Feed     Twitter     Facebook

Senam Prolanis Buah Batu dan Merawat Kaki Bagi Diabetasi

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 15 views    Font size:
Senam Prolanis Buah Batu dan Merawat Kaki Bagi Diabetasi

Pada hari Kamis (Minggu ke 4 tiap bulan), Klub Prolanis eMC Buah Batu Bandung menyelenggarakan senam khusus untuk penderita Penyakit Kronis (Diabetes dan Hipertensi). Demikian juga pada tanggal 22 Agustus 2019 bertempat di Lantai Dasar Graha Merah Putih Buah Batu.

 

Diawali Pengukuran Kesehatan : Tensi dan khusus gula darah para peserta, dilanjutkan dengan Kealth Talk berjudul “Cara merawat Kaki bagi Diabetasi”, digawangi dari Pembinaan Kesehatan Yakes Jabar yaitu Ibu Sumaryanti dan Ibu  Lusiana (Kayaknya mereka duet maut kita lho). Dan disambung Senam dengan Instruktur pak Sonci.

 

Agar para peserta bisa mengingat kembali topik Health Talk tersebut, dan juga bagi yang belum sempat bergabung dengan Senam Prolanis, saya sajikan “Cara merawat Kaki bagi Diabetasi” dari sumber berikut ini :

 

 

 

 

Perawatan kaki, penting bagi pasien diabetes. Sebab penderita Diabetes (Diabetasi) lebih rentan mengalami masalah kaki. Hal ini karena diabetes merusak saraf dan mengurangi aliran darah di kaki. Jika kaki pasien diabetes tidak dirawat dengan baik, apalagi jika terdapat luka.

 

Akibat hal itu bisa jadi berujung pada amputasi. Intinya, jika kaki dirawat dengan baik maka bisa menghindarkan masalah kesehatan serius terkait diabetes. Berikut ini beberapa perawatan kaki mendasar bagi pasien diabetes, seperti dikutip dari Boldsky, Selasa (25/6/2013):

 

1-Bersihkan kaki

Perawatan kaki yang terpenting bagi Diabetasi adalah dengan menjaga kebersihannya. Dengan menjaga kebersihan kaki maka mengurangi risiko infeksi sekaligus juga terjaga kesehatannya. Pastikan kaki dicuci dengan baik pakai sabun, lalu keringkan. Berikan perhatian lebih pada jari kaki. Berilah pelembab pada ujung dan jari-jari kaki, sehingga terhindar dari kaki kering.

 

2-Rajin memeriksa kondisi kaki

Periksalah dengan baik kaki setiap hari. Apakah ada luka, lecet, goresan, pembengkakan atau ada masalah kaki lain yang bisa memicu masalah lebih besar. Jika ada luka pada kaki atau hal mencurigakan lainnya, yang meski tampaknya sepele, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

 

3-Pakai ala kaki

Pastikan Anda tidak bertelanjang kaki ke manapun melangkah, meski itu di rumah. Dengan memakai alas kaki saat berjalan maka bisa melindungi kaki dari kemungkinan2 luka atau hal membahayakan lainnya. Jikalau enggan memakai sepatu di rumah, mungkin Anda bisa mengenakan kaus kaki yang bisa menghangatkan kaki Anda sepanjang waktu.

 

4-Kaus kaki yang tepat

Anda harus mengenakan alas kaki yang bersih. Pakailah kaus kaki yang benar-benar kering dan gantilah setiap hari. Jangan lupa, pilih kaus yang nyaman dipakai sehingga tidak mengiritasi kulit.

 

5-Sepatu yang pas dan nyaman

Perawatan kaki bagi Diabetasi lainnya adalah memilih sepatu yang cocok. Pastikan sepatu yang tidak akan membuat kaki terluka atau melepuh. Untuk diketahui, saat ini sepatu khusus untuk Diabetasi juga telah beredar di pasaran. Jangan lupa, setiap kali akan mengenakan sepatu goyangkan sepatu untuk menghilangkan kerikil atau objek lain yang bersembunyi di dalam sepatu.

 

6-Hentikan merokok

Menghentikan merokok ataupun produk tembakau juga termasuk perawatan kaki untuk pasien diabetes. Hal ini dikarenakan merokok membatasi aliran darah ke kaki.

 

7-Hindari pengobatan sendiri

Pada saat menemukan masalah dengan kaki, jangan melakukan pengobatan sendiri. Lebih baik Diabetasi dibawa ke dokter. Meskipun masalahnya sepele seperti sedikit luka bakar atau perih, jangan diobati sendiri. (Kiriman dari Ibu Sumaryanti; Ditambah bahan dari : vta/vta;  https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-2283141/begini-cara-merawat-kaki-orang-diabetes)-FatchurR

 

*** Ikut Klub2 Senam Binaan Yakes adalah penting bagi Penderita Penyakit Kronis agar penyakitnya tetap stabil atau tidak makin meluas dan komplikasi.

*** Sedangkan para pensiunan sehat akan mendapat manfaat dengan tindakan pencegahan agar tidak berpenyakit.

*** Hayo hayo bergabunglah bersama kami di Klub2 Kesehatan melalui Cabang2 P2Tel.

*** Maaf, saya gak bisa hadir. Saya kira dilaksanakan tgl 29/8/19-(FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code