YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Seri OR dan Senam-P2Tel Bandung Timur Bergoyang

Walau telah lama berlangsung, Senam dari Cabang P2Tel Bandung Timur baru muncul di Web ini. Yaitu Senam Metro Hari Jum’at 9 Agustus 2019. Diikuti sebanyak 60 Orang. Dengan Koordinator  Senam oleh bpk Kusnaedi, dimulai jam 07.00 – 08.00 wib.

 

Semoga Grup kesehatan ini dan lainnya yang dibina Yakes itu membawa peserta makin sehat dan bahagia, menikmati hidupnya.

 

Tentu saja Anda perlu mengetahui (bagi yang belum mengerti) bahwa Manfaat berolah raga, yang saya cuplikkan dari sumber berikut ini :

 

(m.suara.com)-Penelitian2 mengungkapkan Olah Raga teratur, termasuk senam pagi terbukti bermanfaat bagi tubuh, karena dapat melancarkan sistem peredaran darah, menghalau perkembangan virus penginfeksi penyakit, hingga menurunkan risiko terkena obesitas.

 

Meskipun sering dianggap sepele, senam pagi yang umumnya melibatkan gerakan tubuh yang ritmis dan sistematis ini terbukti memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Apa saja manfaat senam pagi ? Ini dia penjelasan lengkapnya yang dihimpun Go Dok :

 

1-Menghambat proses penuaan

Jarang yang mengetahui salah satu manfaat senam pagi itu untuk menghambat proses penuaan. Lho, kok bisa? Dengan gerakan2 senam, sistem peredaran darah akan berjalan dengan lancar.

 

Darah, seperti kita ketahui, mengangkut oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan tiap jaringan tubuh. Jadi, jika peredarannya lancar, maka setiap anggota tubuh akan mendapat pasokan nutrisi esensial serta oksigen yang memadai. Hasilnya, Anda akan terlihat lebih bugar, segar, dan bergairah.

 

2-Meningkatkan kebugaran fisik

Dengan melakukan gerakan senam ritmis dan dinamis, Anda secara tidak langsung telah memompa produksi hormon adrenalin. Nah, inilah yang kemudian membuat jantung berdetak lebih cepat sehingga Anda akan terhindar dari penyakit kardiovaskular.

 

Selain itu, banyaknya otot tubuh yang bekerja saat melakukan gerakan senam akan menurunkan risiko Anda mengalami cedera otot atau persendian.

 

3-Menyeimbangkan osteblast dan osteoclast

Manfaat senam pagi lainnya untuk menyeimbangkan osteoblast dan osteoclast. Apa itu osteoblast dan osteoclast? Dua istilah ini mengacu pada sel pada tulang. Jika osteoclast itu sel yang berfungsi membentuk tulang dari tulang rawan dan jaringan ikat membran; maka, osteoblast adalah sel untuk memecah matriks tulang dan menyerap kalsium yang tersisa di dalamnya diubah jadi tulang baru.

 

Nah, banyak ahli berpendapat bahwa senam pagi dapat menyeimbangkan jumlah osteoblast dan osteoclast. Hasilnya, pembentukan tulang di dalam tubuh akan berjalan optimal sehingga Anda terhindar dari risiko osteoporosis serta penyakit tulang lainnya.

 

4-Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, maka senam pagi bisa menjadi salah satu jenis olahrga ideal yang dapat dicoba

 

Kita beruntung berlatih jenis senam yang banyak melibatkan gerakan aktif dan cepat, seperti senam aerobik. Lincahnya gerakan senam ini membuat tubuh Anda lebih aktif dalam membakar kalori.

 

Apalagi jika senam dilakukan sebelum sarapan, maka tubuh yang belum mendapat pasokan kalori akan membakar lemak sebagai cadangan energinya.

 

5-Menciptakan perasaan bahagia

 

Layaknya jenis olahraga lainnya, senam pagi juga dapat merangsang otak Anda untuk melepaskan hormon endorphin. Hormon ini dikenal banyak pihak sebagai hormon berfungsi untuk memperbaiki mood, meningkatkan imunitas, mengurangi stres, serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

 

Itulah 5 manfaat senam pagi bagi kesehatan yang perlu Anda tahu agar tak malas melakukannya. (data dan Foto kiriman sobat Haryanto; Ririn Indriani; Bahan dari : https://m.suara.com /health/2018/04/03/075845/lima-manfaat-senam-pagi-bagi-kesehatan)-FatchurR

 

Catatan :

1-Anda belum aktif berolah raga/senam ? Hubungi Cabang P2Tel di lokasi tempat tinggal Anda atau lintas cabang P2Tel

2-Tiap bulan ada acara Healt Talk dari dokter Yakes ditambah pengukuran Kesehatan : Tensi, denyut jantung, Lingkar Pinggang, tinggi dan berat Badan Anda. Sehingga Kesehatan preventif Anda terpantau dan memungkinkan untuk segera ditangani jika ada kelainan. (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close