Aku cinta Indonesia

Siapa Saja Pemegang Saham Go Jek

(money.kompas.com)-JAKARTA; Heboh soal pemilik unicorn lokal kebanggaan Presiden sudah milik asing (Singapura). Info itu hasil riset Google Temasek. Sempat mendukung info ini, Kepala BKPM Thomas Lembong meralat dan menyebut unicorn Go-Jek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak, milik lokal dan berbasis di negeri ini.

 

Para pihak unicorn juga membantah persoalan ini dan memastikan mereka itu perusahaan yang berbasis di Indonesia. Salah satunya Go-Jek. Dalam catatan Kontan.co.id, Chief of Corporate Affairs Go-Jek Nila Marita menyatakan Go-Jek itu perusahaan yang terdaftar di Indonesia bernama PT Aplikasi Karya Anak Bangsa.

 

Seluruh modal dan investasi ditanamkan dan dibukukan penuh di perusahaanini. Ia pastikan Go-Jek tidak memilik induk perusahaan di Singapura. Penelusuran Kontan.co.id dari data Ditjen Administrasi Hukum Umum (AHU), Go-Jek tercatat sebagai PT Aplikasi Karya Anak Bangsa sebagai penanaman modal asing alias PMA.

 

Alamatnya di Gedung Equity Tower Lt 35, Jend. Sudirman. Dari data itu banyak pemegang saham dari perusahaan aplikasi ini. Selain ada pendiri seperti Nadiem Makarim yang punya tiga seri saham, terdapat juga pribadi2 dan perusahaan yang tercatat, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Sebut Allianz Strategic Investments SARL, Anderson Investment Pte Ltd, Asean China Investment Fund (US) III LP, Gamvest Pte Ltd, Golden Signal Limited, dan Google Asia Pacific Pte Ltd. Kemudian, ada pula KKR Go Investment Pte Ltd, London Residential II SARL, Natural Plus Holdings Limited, OZ GOJ Sculptor Investments SARL, dan investor asing lain.

 

Ada investor dalam negeri : PT Astra International Tbk, PT Asuransi Jiwa Sequis Life, PT Chandramahkota Prima, PT Global Digital Niaga, PT Northstar Pacific Investasi, PT Sigmantara Alfindo, PT Union Sampoerna, PT Radianx Capital LP, dll.

 

Ada Rakuten Europe SARL, Sequoia Capital India Growth Investments, Sixteen Dragonfruit SARL, Tencent Mobilty Limited, WP Gojek Investments Partnership LP, WP Investments VI BV, dll. Pemegang saham itu punya saham dalam seri berbeda dengan jumlah beragam. Dengan jumlah per seri dari puluhan juta rupiah hingga puluhan miliar rupiah.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Terungkap, Siapa Saja Pemegang Saham Go-Jek”, Markus Sumartomdon; Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan; Bahan dari : https://money.kompas.com/read/2019/08/02/070200326/terungkap-siapa-saja-pemegang-saham-go-jek)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close