Psikologi

Amal Di Akhir Usia-Silaturahim

(kompasiana.com)-Kumpul bareng teman

Kesannya klise. Tapi patut jadi perhatian. Apalagi buat yang umurnya di atas 40 tahun. Karena sibuknya pekerjaan dan cari nafkah, kumpul bareng teman-teman cukup mengasyikkan.

 

Kaum pesimis bilang, kumpul bareng teman gak ada manfaatnya. Buang buang waktu. Tapi bagi kaum optimis, kumpul bersama teman itu positif dan bermanfaat. Karena bias keluar dari rrutinitas pekerjaan, disamping bikin suasana jadi lebih berwarna dan tambah semangat

 

Baiknya jangan dipandang sepele dan dijadiin beban, lakukanlah. Kumpul bareng teman gak usah jadi euforia, gak usah terlalu semangat. Dan jangan ganggu aktivitas dan tanggung jawab penting kita di pekerjaan dan keluarga.   Kumpul bareng teman, intinya asal kebih banyak maslahat daripada mudharat.

 

Seperti kisah para sahabat di film “5 Cm”. Pertemanan yang jarang bertemu dan sengaja tidak saling menghubungi untuk memupuk rindu. Saat waktunya tiba, mereka mampu melakukan hal yang besar; menaklukan gunung. Luar biasa sekali.

 

Kumpul bareng teman biasanya suka ngobrolin ngalor ngidul. Apalagi di grup WA, LINE, atau media chatting lain. Tapi kumpul dalam arti fisik “ketemuan” perlu dilakukan. Untuk membangun kebersamaan dan menjalin silaturahim secara nyata ketimbang “berbicara” lewat layar HP

 

Logikanya : Kumpul teman walau berbincang tak penting, bukan sia sia. Sebab keakraban dibangun dan keterikatan makin terjalin. Menurut Nabi Muhammad SAW, silaturahim itu dapat memperpanjang umur dan memperluas rezeki seseorang”. Jadi, sempatkan kumpul teman yang bisa kita temui walau sebentar. Jangan hanya mau menyempatkan diri bertemu teman karena kita butuh mereka.

 

Memang ada manfaatnya kumpul teman?

Teman itu bukan pedagang, yang manfaatnya dihitung untung rugi. Tapi di era seperti sekarang, kumpul bareng teman bermanfaat luar biasa. Apalagi bagi mereka yang umurnya di atas 40 tahun, yang sering stress atau sibuk gak karuan.

 

Lima manfaat kumpul teman

1-Hidup jadi sehat

Ngobrol dan becanda itu menyehatkan. Bebas stress, gak sumuk ama rutinitas, bisa gak kena stroke. Karena kumpul bareng teman itu menyenangkan dan bisa bikin kerja otak serta pikiran lebih fresh.

 

2-Memperkuat silaturahim

Kumpul bareng teman berarti kita bersosialisasi dan aktif menjalin hubungan baik. Silaturahim itu amanah buat kita dan dapat menambah rezeki, di samping memperpanjang umur.

 

3-Tambah wawasan dan apa adanya

Orang yang tua biasanya malas belajar. Kumpul teman itu bisa tambah wawasan, dan menjadikan hidup lebih apa adanya. Kini makin banyak orang hidupnya kamuflase, dibuat-buat atau diada-adain demi image di mata orang lain.

 

4-Memperpanjang umur

Usia itu prerogratif Allah. Tapi kumpul teman bisa bikin lebih realistis, bersyukur, dan banyak tertawa sehingga nyaman dan sehat. Itu penting agar kita bebas penyakit, yang notabene dapat memperpanjang usia kita. Tubuh dan wajah kita jadi lebih berseri dan pikiran lebih optimis.

 

5-Hidup lebih bahagia

Ngumpul bareng teman itu bikin rileks dan nyenyak tidur maka wajar kalo bergaul ama teman sekolah jadi lebih bahagia. Ingat ya kebahagiaan tidak hanya pengabdian pada orang tua, tanggung jawab pada keluarga, ibadah yang istiqomah tapi juga punya waktu bersanding dengan teman.

 

Mau ngapain kumpul teman?

Banyak yang bisa dilakukan bersama teman. Kalo intens, pertemanan itu bisa disinergikan untuk :

1)-Buka Usaha  yang bisa membiayai kumpul-kumpul.

2)-Wadah kegiatan social :L untuk berbagi kepada orang yang membutuhkan, seperti santunan anak yatim dan taman bacaan masyarakat yang bersifat binaan, bukan yang hit and run,

 

3)-Bikin pengajian rutin sesama teman untuk tingkatkan ibadah kan sudah menua, kita gak tahu batas umur kita dan

4)-Bikin klub jalan jalan : Mengekplorasi kekayaan alam sebagai rasa syukur atas anugerahNya.

(Syarif Yunus;  Bahan dari :  https://www.kompasiana.com/syarif1970/561c3c2ede22bd5f0e1a5720/5-manfaat-kumpul-bareng-teman)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close