Kesehatan

Angkat Beban Dan Galon Air Sakit Punggung Hingga Nyeri Testis

(m.liputan6.com)-JAKARTA; Galon berisi air penuh isi 19 liter termasuk dalam kategori barang dengan beban berat. Mengangkat atau membawanya tidak boleh sembarangan, harus dengan teknik dan cara yang benar.

 

Sembarangan angkat galon air dampaknya seperti angkat beban berat bisa ciderai otot dan pergelangan tangan. Jika dilakukan dalam jangka panjang dan terus sembarangan beriisiko fatal mengganggu kesehatan serta organ tubuh lain. Berikut ini bahaya dibalik angkat beban berat/galon air sembarangan.

 

1-Sakit punggung

Kerap angkat beban berat apalagi sembarangan memicu rasa sakit di punggung. Anda perlu mewaspadai terjadinya peregangan di area tulang belakang lumbal karena adanya tekanan yang berasal dari beban benda yang diangkat. Tekanan di tulang belakang dapat menjalar hingga ligamen dan otot sehingga akan memperburuk kondisi tubuh yang sudah sakit di bagian punggung.

 

2-Skoliosis

Penyakit lain berkaitan dengan tulang akibat angkat beban berat terlalu sering itu skoliosis. Umumnya ditandai nyeri saat berdiri atau duduk, tulang belakang terasa sakit dan rasa sakitnya berpotensi menyebar hingga ke tangan, kaki serta pinggul.

 

3-Syaraf kejepit

Dampak angkat beban berat seperti galon itu pada tulang dan saraf2. Saraf yang mendapat tekanan berlebihan dari jaringan yang ada di sekelilingnya menyebabkan timbulnya penyakit saraf kejepit ini. Bila muncul keluhan seperti lemah fisik, sering kesemutan, kebas pada bagian tubuh tertentu dan juga rasa nyeri, ini bisa jadi pertanda Anda terkena saraf kejepit.

 

4-hernia dan nyeri testis

Sering angkat beban berat dan tanpa teknik tepat  menyebabkan hernia atau turun berok.Tekanan yang berat menyebabkan timbulnya robekan pada bagian bawah dinding perut sehingga membentuk lubang di sana.

 

Dikutip dari klikdokter, pada fase awal, gejala hernia berupa pembesaran di daerah selangkangan atau buah zakar yang dapat hilang timbul karena usus yang turun ke daerah yang longgar di selangkangan dan daerah buah zakar, sedikit terasa nyeri.

 

Pada fase inkarserata (terperangkap), rasa nyeri lebih hebat, pembesaran yang terjadi menetap karena usus terperangkap, dapat terjadi mual, muntah dan gangguan BAB. Pada fase strangulata (terpuntir), nyeri sangat hebat dan kondisi umum tubuh yang buruk.

 

Jika Anda ada pembengkakan di sekitar selangkangan/benjolan yang hilang timbul, maka kemungkinan besar Anda hernia, bila tidak, mungkin mengalami cidera otot disekitar selangkangan. Banyak dampak lain dari angkat beban berat, termasuk galon berisi air penuh yang beratnya 19 kg. Untuk menghindari resiko2 itu, ada dua hal utama yang harus Anda lakukan.

 

Pertama, angkat galon air dengan cara dan teknik tepat. Sebelum angkat galon dari lantai, dekatkan diri pada galon air minum dengan posisi berjongkok atau posisi squat, jangan membungkuk. Saat mengangkat, gunakan otot kaki bukan dengan otot punggung. Pastikan pijakan Anda kuat, jaga punggung, bahu dan leher lurus, tanpa melengkung atau membungkuk. Periksa lajur yang akan dilewati untuk memastikan tidak ada benda2 yang bisa menyebabkan anda tersandung dan jatuh.

 

Kedua, selain teknik tepat, hindari penggunaan dispenser/tempat galon yang harus berada di atas. Pilih dispenser yang lebih praktis tanpa harus mengangkat galon air berat itu.  Anda dapat memilih Dispenser dengan 3 langkah mudah dan memiliki tampilan modern melengkapi kebutuhan air minum keluarga.

 

(Gilar Ramdhani; Bahan dari : https://m.liputan6.com/health/read/4040057/dampak-angkat-beban-dan-galon-air-sakit-punggung-hingga-nyeri-testis)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close