TELKOMGrup dan SEKAR

BJ Habibie Ikut Jadi Founding Fathers Telkomsel

(liputan6.com)-JAKARTA; Presiden ke-3 RI BJ Habibie sekaligus Bapak Teknologi Indonesia meninggal dunia pada Rabu, 11/9/2019, sore. Salah satu putra terbaik bangsa itu mengembuskan napas terakhir di usia 83 tahun di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

 

Selain jadi sosok penting dalam teknologi pesawat terbang nusantara, BJ HabibieĀ  juga turut membidani kelahiran operator seluler Telkomsel. Demikian diungkap dalam keterangan resmi Telkomsel yang diterima Tekno Liputan6.com (12/9/2019).

 

BJ Habibie dianggap sebagai sosok penting sejarah berdirinya Telkomsel di tahun 1990-an. Suami Hasri Ainun Besari itu merupakan salah satu Founding Fathers Telkomsel. Dirut Telkomsel Emma Sri Martini mengucapkan belasungkawa atas berpulangnya BJ Habibie.

 

“BJ Habibie sosok penting bagi kami, beliau memiliki hubungan sejarah erat dalam proses beroperasinya teknologi seluler Global System for Mobile Communication (GSM) di Indonesia serta beroperasinya layanan Telkomsel pertama kali di Pulau Batam,” kata Emma, dalam keterangan resminya.

 

Disebutkan bahwa sejak hadirnya teknologi GSM di Indonesia hingga berdirinya Telkomsel tak dapat dipisahkan dari peran penting BJ Habibie.

 

Setujui penerapan GSM sebagai standar teknolohi Seluler

Pasalnya, pada tanggal 14/7/1993, sejumlah direksi Telkom menghadap kepada BJ Habibie yang saat itu menjabat sebagai Menristek RI. “Di atas sehelai kertas, beliau menuliskan persetujuan dan penerapan GSM sebagai standar teknologi seluler Indonesia,” tutur Emma.

 

Tulisan BJ Habibie itu jadi referensi dari langkah besar migrasi teknologi dan pengembangan industri seluler analog ke digital. 14 bulan kemudian, tepatnya 2/9/1994, BJ Habibie meresmikan pengoperasian Telkomsel GSM di Pulau Batam. Saat itu, Telkomsel merupakan nama produk dari PT Telkom.

 

“Sebagai Menristek, beliau melakukan percobaan teknologi GSM dengan melakukan hubungan telepon dari GSM Telkomsel perdana, dari Batam ke Jakarta dan London,” kata Emma.

 

Dua momen itu membuat Telkomsel GSM dipersiapkan dan dikembangkan menjadi sebuah operator seluler, hingga akhirnya pada 26/5/1995, Telkomsel lahir.

 

Pelanggan pertama Telkomsel

Sejak peristiwa bersejarah di Batam, sosok BJ Habibie dianggap pelanggan pertama Telkomsel. Namun, sebagai bentuk penghormatan yang terdalam atas kontribusi BJ Habibie, Telkomsel memberikan penghargaan sebagai pelanggan ke-100 juta pada perayaan pencapaian Telkomsel di tahun 2011.

 

BJ Habibie juga pernah menyampaikan pesan berharga bagi keluarga besar Telkomsel : ‘Telkomsel adalah anak dan cucu ideologis-intelektual saya. Teruslah memberikan yang terbaik untuk bangsa’ pesan almarhum pada ulang tahun Telkomsel ke-21, 26 Mei 2016.

 

ā€œSemangat Pak Habibie akan selalu melekat dalam perkembangan dan pertumbuhan Telkomsel. Kami akan meneruskan cita-cita dan kontribusi Pak Habibie untuk mengembangkan pemanfaatan teknologi untuk kemajuan anak bangsa. Selamat jalan, Pak Habibie,” kata Emma memungkasi.

 

(Tin/Ysl; Agustin Setyo Wardani; Ā Bahan dari : https://www.liputan6.com/tekno/read/4061133/bj-habibie-turut-jadi-founding-fathers-telkomsel)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close