Aku cinta Indonesia

Gubernur Jabar Beri Masukan Tentang Pemindahan Ibu Kota

(beritasatu.com)-JAKARTA; Gubernur Jabar Ridwan Kamil menemui Presiden di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (28/8/2019). Menurut Ridwan, dirinya dipanggil Presiden dalam rangka memberikan masukan terkait pemindahan ibu kota.

 

“Memberikan masukan soal ibu kota. Masukannya kalkulasinya, luas-luasan yang hasil pengalaman saya sebagai dosen perkotaan,” kata Ridwan.

 

Dia berharap ibu kota nantinya tidak terlalu luas. “Asumsinya terlalu luas. Harus dikaji ulang, jangan sampai menghasilkan kota yang terlalu luas,” ujar Ridwan seraya mengusulkan agar pemerintah mencontoh konsep pembangunan seperti di Washington DC, AS.

 

Ridwan menuturkan, Washington DC hanya mempunyai luas sekitar 17.000 ha. Ibu kota AS tersebut, dihuni 700 ribu penduduk. Ridwan menambahkan, masyarakat di masa depan nanti tak perlu memakai moda transportasi, melainkan cukup berjalan kaki.

 

Karena itu, Ridwan berharap desain ibu kota ramah terhadap manusia. “Jangan mendesain ibu kota baru yang mayoritas untuk mobil, untuk bangunan, tapi kemanusiaan, humaniatiknya tidak maksimal,” ungkap Ridwan Kamil.

 

Ridwan menuturkan, Presiden merespons positif masukan itu. “Beliau senang mendapatkan input (masukan). Saya mengingatkan saja agar kita merencanakan jauh lebih matang dan lebih baik. Masukan dari masyarakat juga diterima,” tutur Ridwan Kamil.

 

(Carlos AY Paat; WBP; Bahan dari :  Suara Pembaruan dan https://www.beritasatu.com/nasional/572052/gubernur-jabar-beri-masukan-soal-pemindahan-ibu-kota)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close