RSS Feed     Twitter     Facebook

Mengenal Revolusi Industri 1.0 Hingga 4.0

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 4 views    Font size:
Mengenal Revolusi Industri 1.0 Hingga 4.0

(wartaekonomi.co.id)-JAKARTA; Belakangan, sering kita dengar istilah Revolusi Industri 4.0 di berbagai kesempatan. Sebagian dari Anda mungkin ada yang memahaminya dan ada juga yang bingung mengenai apa itu industri 4.0.

 

Seperti dikutip dari Line Today, revolusi industri adalah perubahan besar terhadap cara manusia dalam mengolah sumber daya dan memproduksi barang. Revolusi industri merupakan fenomena yang terjadi antara 1750 – 1850.

 

Saat itu, terjadi perubahan secara besar-besaran di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, dan teknologi. Perubahan tersebut ikut berdampak pada kondisi sosial, ekonomi, dan budaya di dunia.

 

Revolusi Industri 1.0

Revolusi Industri yang pertama terjadi pada abad ke-18 ditandai penemuan mesin uap yang digunakan untuk proses produksi barang. Saat itu, di Inggris, mesin uap digunakan sebagai alat tenun mekanis pertama yang dapat meningkatkan produktivitas industri tekstil. Peralatan kerja yang awalnya bergantung pada tenaga manusia dan hewan akhirnya digantikan dengan mesin itu.

 

Selain itu, mesin uap digunakan pada bidang transportasi. Transportasi internasional pada masa itu adalah transportasi laut yang masih menggunakan tenaga angin. Namun, angin tidak dapat sepenuhnya diandalkan karena bisa jadi angin bertiup dari arah yang berlawanan atau tidak ada angin sama sekali.

 

Penggunaan tenaga angin pada alat transportasi mulai berkurang semenjak James Watt menemukan mesin uap yang jauh lebih efisien dan murah dibanding mesin uap sebelumnya pada 1776. Dengan mesin uap itu, kapal dapat berlayar selama 24 jam penuh jika mesin uap tetap didukung dengan kayu dan batu bara yang cukup.

 

Revolusi industri memungkinkan bangsa Eropa mengirim kapal perang ke seluruh penjuru dunia dalam waktu yang jauh lebih singkat. Negara-negara imperialis di Eropa mulai menjajah kerajaan-kerajaan di Afrika dan Asia. Selain penjajahan, terdapat dampak lain dari revolusi industri, yaitu pencemaran lingkungan akibat asap mesin uap dan limbah-limbah pabrik lainnya.

 

(Penulis : Ning Rahayu; Editor : Rosmayanti; Foto: Medium; Bahan dari : https://www.wartaekonomi.co.id/read226785/mengenal-revolusi-industri-dari-10-hingga-40.html)-FatchurR * Bersambung………

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code