Kesehatan

Penyebab Wanita Sering Buang Air Kecil (BAK)

(sains.kompas.com)-Saya sering melakukan perjalanan dengan Pengurus PP P2Tel, (bapak2 dan Ibu2) bergabung dalam suatu tugas yang diemban. Semula saya kira sayalah yang sering  BAK. Rupanya Bapak / ibu sama seperti saya. Untuk itu marilah kita ikuti penyebabnya, khususnya bagi Wanita, monggo :

 

Terlalu sering buang air kecil dapat jadi indikasi masalah kesehatan pada wanita. Ada penyebab2 wanita sering buang kecil, tapi jangan khawatir ini bisa diobati sesuai penyebabnya. Terpenting, berkonsultasi dengan dokter (poliklinik Yakes) ketika masalah ini sangat mengganggu. Berikut penyebabnya?

 

1-Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih bisa terjadi karena masuknya bakteri ke kandung kemih melalui uretra. Faktor penyebab bisa karena diabetes, penggunaan antibiotik berlebihan, penyakit menular seksual, operasi, atau pakaian kotor. Dalam hal ini, rasa sakit bisa terasa ketika buang air kecil.

 

2-Kandung kemih yang terlalu aktif

Kandung kemih yang terlalu aktif jadi alasan seringnya BAK, karena hal ini akan menghasilkan otot-otot panggul yang lemah, kerusakan saraf, kelebihan berat badan, dan kurangnya estrogen (umumnya setelah menopause).

 

3-Terlalu banyak minum

Bagi Anda yang sering minum, maka tidak masalah ketika sering pula BAK. Hal ini ditambah ketika cuaca panas, sehingga tubuh harus selalu terhidrasi dan minum banyak. Namun, jika jarang minum dan sering BAK, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

 

4-Beberapa penyebab lain

Terkait kecemasan, kondisi sistem saraf, dan obat Akibat obat tertentu dapat memicu wanita sering BAK, termasuk obat stroke, obat infeksi kelenjar prostat, infeksi ginjal, ketidaknormalan pembukaan di salurang kemih, radiasi pelvis, dan diverticulitis (radang diverticulosis).

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Kenali 4 Penyebab Wanita Sering Buang Air Kecil” : https://sains.kompas.com/read/2016/05/09/201500523/kenali.4.penyebab.wanita.sering.buang.air.kecil)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close