RSS Feed     Twitter     Facebook

PUPR Gelar Sayembara Perencanaan Istana Presiden Di Papua

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 8 views    Font size:
PUPR Gelar Sayembara Perencanaan Istana Presiden Di Papua

(bisnis.tempo.co)-Jakarta; Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan desain Istana Presiden di Papua akan disayembarakan. Desain itu direncanakan rampung pada 2019.

 

“Tapi, menurut saya, jangan dibuat atau dibayangkan seperti Istana Presiden, tapi seperti wisma negara. Sehingga sebagai kantor presiden kalau ke sana,” ujarnya di di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, (11/9/19).

 

Sebelum melakukan sayembara, dia mengatakan kementeriannya akan lebih dulu mensurvei lokasi di sana. Sebab, ia mendapat kabar akan ada 10 hektare tanah yang tersedia untuk pembangunan tersebut.

 

“Kan baru kemarin saya diperintah oleh beliau melalui Pak MenSetneg Pratikno. Kami baru mau survei lokasi katanya ada 10 ha yang disiapkan untuk pembangunan di Jayapura, Papua” ujar dia. “Jadi kami lihat dulu lalu sayembarakan, harapannya tahun ini desainnya selesai.”

 

Kendati sudah dapat info calon lahan Istana Presiden, Basuki mengaku belum tahu status kepemilikan tanah di sana. Sebab, di papua ada banyak suku yang kemungkinan menguasai lahan. Sehingga, perlu dilakukan survei untuk memastikan lahan itu siap untuk dibangun.

 

“Kalau kata mereka sudah oke, tapi kan belum tahu, harus dilihat lagi,” kata Basuki. Ia harap survei dan desain istana negara itu bisa selesai tahun-2019, sehingga tahun depan bisa langsung dieksekusi.

 

Sebelumnya, Presiden menyatakan akan membangun Istana Presiden di Papua pada 2020. Hal ini menjawab permintaan dari toko2 Papua yang disampaikan langsung padanya saat bertemu di Istana Negara, Jakarta, hari ini, Selasa, 10 September 2019.

 

“Mulai tahun depan istana ini akan dibangun,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini disambut tepuk tangan dari 61 tokoh Papua dan Papua Barat yang hadir. Rencana itu sesuai permintaan yang disampaikan oleh ketua rombongan tokoh Papua dan Papua Barat, Abisai Rolio.

 

Untuk lokasi pembangunan Istana Presiden itu, Abisai bakal menyumbangkan tanahnya 10 ha. “Saya menyumbangkan tanah 10 ha untuk dibangun Istana Presiden sehingga perjalanan bapak ke Papua diubah dari berkunjung menjadi berkantor,” ujarnya.

 

(Reporter: Caesar Akbar; Ahmad Faiz; Editor: Dewi Rina Cahyani; Dewi Rina Cahyani; Bahan dari : https://bisnis.tempo.co/read/1246456/pupr-gelar-sayembara-rancangan-istana-presiden-di-papua)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code