RSS Feed     Twitter     Facebook

Senam KJS P2Tel Cabang Lampung-Senam Tera Dll

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 4 views    Font size:
Senam KJS P2Tel Cabang Lampung-Senam Tera Dll

Kegiatan Senam KJS P2Tel dan Silaturahmi di halaman Kantor Witel Lampung.

1-Senam Tera

2-Senam Bugar lansia seri 2

 

3-Senam Telkom

4-Pendinginan.

Senam tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu :31-08-2019.

 

 

Agar teman2 lain bisa mempunyai gambaran tentang Senam Tera, berikut saya kutipkan dari suatu sumber, Monggo :

 

(kompasiana.com)-Sehat itu pilihan hidup. Beberapa orang senior / lansia menyatakan mereka tak ingin hidup setengah mati. Saya kurang paham pernyataan itu. Lalu saya tanya : “Apa arti tak ingin hidup setengah mati?”.Jawabnya : “Saya ingin hidup bermanfaat. Bagi saya dan orang lain karena sakit kronis”.

 

Itulah sedikit orang yang menghargai pentingnya kesehatan. Biaya tinggi mesti ditebus, kualitas, hidup terganggu. Disinyalir, gangguan penyakit kronis pada masyarakat, akan mengerogoti  pendapatan keluarga yang akhirnya pendapatan negara ini.

 

 

 

 

Banyak cara untuk hidup sehat.

 

Gaya hidup sehat dengan pola makanan sehat-bernutrisi, menghindari : Merokok, minuman keras, makanan-minuman enak yang rata2 tinggi kalori, lemak, dan gula. Cara termudah hidup sehat itu disiplin dan konsisten ber-OR. Olahraga  rutin dan konsisten bermanfaat bagi otot, jantung, osteporosis, DM. Sesuaikan waktu kebutuhan membakar kalori tubuh per hari agar lemak yang terendap bisa terbuang.

 

 

 

Cara murah untuk berolahraga adalah dengan joging, berjalan kaki, senam tera. Organisasi yang mengelola senam ini yaitu “Senam Tera Indonesia” dibentuk tanggal 12/11/1985 pada hari Kesehatan Nasional XXVIII. Tujuannya agar peserta dapat berolahraga senam persendian dan pernapasan.

 

Dalam struktur organisasi terendah yaitu komunitas Sasana. Salah satu komunitas itu hampir tiap hari, dari Senin hingga Sabtu. Dimulai pukul 6.00 sampai 7.00. Anggotanya 55 orang terdiri dari bapak, ibu dan pemuda. Pelatih tetapnya 2 orang dan tidak tetap 2 orang. Komunitas Senam Tera ini bersemangat mengikuti irama dan gerakan Senam Tera Indonesia.

 

 

Senam Tera dibagi 3 kelompok secara bertahap:

Tahap pertama : Terdiri dari 17 gerakan peregangan, irama 86 ketukan per menit.

Tahap kedua : Terdiri dari 25 gerakan persendian dengan irama 112 ketukan per menit.

Tahap ketiga :  atau terakhir terdiri dari dua paket gerakan yaitu:

 

a-Pernafasan pokok : terdiri dari 20 gerakan dengan irama 56 ketukan per menit.

b-Pernafasan lanjutan : terdiri dari 20 gerakan , dengan irama 56 ketukan per menit.

 

Menyenangkan kumpul bersenam Tera, badan terasa bugar selesai senam. Beberapa ibu penyandang sakit diabetis dan jantung ikut senam. Sesuai anjuran dokter mereka ikut berlatih sesuai arahan dari pelatih pratama dan madya yang menguasai dan mampu melatih. Mereka dibekali pelatihan dari Pusdiklat STI dan selalu meningkatkan pengetahuan dengan Pelatihan atau training tambahan.

 

Selain kebugaran yang terus terjaga, kami bisa bersilahturami. Komunitas Senam Tera ini telah membuktikan diri dapat menciptakan keluarga Indonesia sehat, memelihara masyarakat tenteram dan tercipta lingkungan sehat dan indah. Sehatnya masyarakat, sehatnya Indonesia secara keseluruhan, termasuk sehatnya warga P2Tel

 

(Berita dan foto Walijo SLO; Bahan dari : Ina Tayana; https://www.kompasiana.com/www.inatanaya.com/55654e3d539373d32ffb3b74/dayakan-indonesia-bugar-bersama-dengan-senam-tera)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code