Psikologi

Stop Salahkan Diri Sendiri Jika Tengah Menghadapi Masalah

(beritasatu.com)-JAKARTA; Jika Anda menghadapi masalah yaitu kenyataan yang terjadi berbeda dengan harapan sering membuat manusia kecewa. Bahkan saat kita berbuat sala pada suatu perkara, tidak jarang kita menyalahkan diri sendiri.

 

Tidak sedikit yang berusaha menerima kesalahan dan kembali semangat melihat ke depan. Bagi Anda yang pernah melakukan kesalahan hingga menyalahkan diri sendiri sampai mengakibatkan depresi, mulai sekarang mari menerima dan menyayangi diri sendiri.

 

1-Mengakibatkan deepresi

Menghadapi masalah yang besar membuat Anda merasa tidak berdaya bahkan tidak merasa bisa menghadapi permasalahan tersebut.

 

Penelitian tahun 2015 mewawancarai 132 pasien depresi untuk mengetahui gejala dan penyebabnya. Hasilnya, lebih dari 90% pasien tertekan dan tidak mampu. Selain itu, 80% di antara mereka sering menyalahkan diri sendiri dan beranggapan dirinya tidak mampu dan putus asa menghadapi masalah.

 

Perasaan tidak mampu dan putus asa berkaitan erat dengan suasana hati yang tertekan saat menghadapi masalah. Hal ini mengakibatkan emosi yang timbul menyebabkan Anda menyalahkan diri sendiri hingga depresi.

 

2-Menyayangi diri sendiri

Walau terdengar mudah, kenyataannya cukup sulit untuk dilakukan. Ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda berhenti menyalahkan diri sendiri. Untuk menyayangi diri sendiri, sebaiknya Anda mengenali tanggung jawab Anda untuk mengetahui apa saja yang menjadi kewajiban Anda.

 

Lalu, mempertanggungjawabkan apa yang telah Anda perbuat. Hal yang perlu diingat, kesalahan bukanlah sesuatu yang hina, melainkan keadaan yang Anda ciptakan ketika berbuat sesuatu.

 

Anda berhak berbuat kesalahan, karena dari kesalahan itulah Anda dapat mempelajari sesuatu. Jika sibuk menyalahkan diri sendiri, tentu tidak membuat situasi menjadi lebih baik, melainkan membuat Anda lebih terpuruk dan tidak mampu melangkah ke depan.

 

(Winda Ayu Larasati; WIN; Bahan dari : Hellosehat.com, Sehat.com dan https://www.beritasatu.com/tips/574523/setop-menyalahkan-diri-sendiri-jika-anda-tengah-menghadapi-masalah )-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close