Wisata dan Kuliner

Wisata Mistis Benteng Vredeburg Legenda Hantu Serdadu Tanpa Kepala

(lifestyle.okezone.com)-Gedung-gedung peninggalan penjajahan Belanda umumnya luar biasa kerennya. Tapi, bangunan tua peninggalan masa kolonial Belanda di Indonesia sebagian memiliki cerita mistis. Misalnya Benteng Vredeburg salah satu wisata mistis di Yogyakarta.

 

Pasti kita tidak asing dengan museum ini. Kali ini, Mister Aladin mengajak kita menelusuri wisata mistis Benteng Vredeburg. Bangunan peninggalan masa kolonial ini katanya menyimpan segudang cerita mistis yang membuat bulu kuduk merinding.

 

Vredeburg terkenal angker dan penuh sejarah

Dikutip dari Mister Aladin, Benteng Vredeburg awalnya bernama Rustenburg ini benteng peninggalan Belanda terbesar di Yogya. Benteng ini terletak di ujung Jalan Malioboro atau titik nol kilometer dari Yogya. Tepatnya di Jalan Jenderal A. Yani No. 6, lokasinya dekat Kraton Kasultanan Yogya. Strategis dan dekat pusat kota.

 

Walau letaknya di tengah keramaian kota, sisi mistis dari benteng peninggalan Belanda ini kental terasa. Banyak cerita-cerita mistis yang beredar di sekitar benteng yang mulai didirikan tahun 1767-1788. Karenanya, benteng ini menjadi salah satu wisata mistis di Yogyakarta.

 

Banyak cerita Mistis Legendaris

Berbicara keangkeran museum ini, mungkin banyak yang tahu beberapa cerita mistis dari mulut ke mulut. Konon, di benteng tua ini sering ada penampakan hantu yang nggak bisa dicerna akal sehat.

 

Seperti penampakan noni-noni Belanda yang berkaki kuda. Kejadian ini pernah dialami tukang becak saat tengah malam. Ia sedang mengayuh becaknya dengan perlahan, kemudian ia melihat sesosok wanita cantik dengan gaun panjang dari arah gerbang benteng.

 

Tukang becak ini nawarin untuk naik becaknya, mungkin sang tukang becak kasian, melihat perempuan berdiri sendiri, tengah malam pula. Lalu tukang becak kaget ketika gaun perempuan itu disibakkan dan melihat kalau kaki perempuan tadi mirip kaki kuda. Hii, serem banget deh.

 

Jika benar ceritera itu, Gimana masih berani mampir ke Museum Benteng Vredeburg tidak? Tapi jangan takut dulu, di luar misterinya, sejarah yang tersimpan di museum ini layak disimak dan dipelajari. Agar kita semua sebagai generasi muda nggak melupakan sejarah.

 

(Hel; Helmi Ade Saputra; Bahan dari : https://lifestyle.okezone.com/read/2019/09/12/406/2104067/wisata-mistis-benteng-vredeburg-legenda-hantu-serdadu-kompeni-tanpa-kepala-bikin-merinding?page=1)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close