Wisata dan Kuliner

12 Tempat Wisata Di Kabupaten Kolaka Layak Dikunjungi(1/3)

(festivaljalanjalan.com)- Kabupaten Kolaka berada di Provinsi Sulawesi Tenggara. Topografinya terdiri dari perbukitan, pegunungan, pantai dan beberapa gugusan kepulauan kecil. Membuat tempat wisata di Kolaka memiliki daerah yang indah serta wajib untuk dijelajahi.

 

Kolaka potret keindahan alam Indonesia timur yang tidak boleh dilewatkan dan wajib ditambahkan dalam agenda liburan anda. Mengunjungi obyek wisata di Kolaka tidak akan membuat anda menyesal, malah anda ketagihan. Berikut ada Tempat Wisata di Kolaka yang wajib anda kunjungi :

 

1-Sungai Tamborasi

Sungai Tamborasi ini sungai terpendek di Dunia terletak di Tamborasi, Kolaka. Memiliki panjang 20 meter dan lebar 15 meter. Aliran airnya jernih dan memiliki perbedaan suhu antara hulu dengan hilir. Bagian hulu memiliki suhu air yang dingin dan hilir bersuhu air hangat.

 

Terdapat mitos terkenal yaitu bila seseorang yang datang ke Sungai Tamborasi dan berhasil mengikatkan tali pada akar pohon maka jodohnya akan segera datang, apabila yang datang sudah berkeluarga maka keluarganya akan semakin harmonis.

 

Aliran sungai ini mengarah ke bibir pantai dengan view pemandangan alam hutan dan pantai yang  indah. Akses ke lokasi cukup mudah dengan perjalanan selama 1-2 jam dan jarak 90 KM dari kota Kolaka. Akses masuk lokasi gratis.

 

2-Pantai Pitura

Terletak di kecamatan Watubangga, Kabupaten Watubangga. Akses ke lokasi mudah di jangkau dengan kendaraan roda-2 atau roda-4 karena letaknya dekat jalan raya serta berjarak 75 km dari pusat kota Kolaka. Tempat Wisata Kolaka satu ini menyimpan sejuta pesona.

 

Salah satu Pesona yang ditawarkan dari pantai ini, keindahan alamnya, pantai berpasir putih bersih, air laut biru khas teluk Bone yang dihiasi beberapa jenis tanaman bunga serta hutan Pinus yang asri.

 

Yang unik dari tempat ini terdapat ribuan kelelawar yang bergantungan bebas di ranting pohon Pinus.

 

3-Tanjung Kayu Angin

Pantai ini di Desa Sani-Sani, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka. Lokasinya cukup mudah di jangkau dan dekat dengan pusat kota Kolaka, berjarak 25 KM.

 

Pantai ini bisa dibilang Raja Ampatnya Kolaka karena posisi pantai diantara pulau-pulau kecil berpasir putih bersih. Selain pemandangan alam yang indah pantai ini juga merupakan surga para penyelam.

 

Berada di kedalaman 10-20 M tersembunyi ekosistem terumbu karang yang indah, sehat, dan terjaga yang dihuni berbagai macam spesies hewan laut yang unik dan cantik.

 

4-Wisata Alam Pemandian Ulunggolaka

Terletak di Kelurahan Ulunggolaka, Kecamatan Latmbaga, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Sekitar 12 km dari pusat kota. Lokasi yang sangat cocok digunakan untuk merelaksasi otot dan stres.

 

Pemandian air panas ini terkenal, karena di sekitar lokasi ada banyak tebing-tebing kokoh dan gua-gua telaga serta panorama alamnya yang indah karena kelestariannya masih sangat terjaga.

 

Bahan dari : https://festivaljalanjalan.com/12-tempat-wisata-di-kabupaten-kolaka-yang-wajib-dikunjungi/)-FatchurR * Bersambung……..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close