Kesehatan

Apa Itu Jenis Makanan Superfood

(1health.id)- Superfood, istilah yang populer bagi makanan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Umumnya, makanan super ini mengandung banyak zat gizi seperti antioksidan, vitamin dan mineral berjumlah besar.

 

Namun, menurut American Heart Association, tidak ada kriteria khusus untuk menetapkan dan menentukan makanan menjadi superfood. Mengonsumsi makanan ini sah saja. Apalagi kandungan gizinya mampu menjaga kesehatan tubuh Anda.

 

Hanya, untuk menjaga kesehatan tubuh menyeluruh, mengonsumsi makanan seimbang tetap yang utama. Sebab tak ada satu jenis makanan pun yang mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh.

 

Beberapa kandungan dalam superfood bisa berupa antioksidan yang berfungsi penangkal kanker, mengandung lemak sehat untuk mencegah penyakit jantung, kandungan kalsium untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang dan serat untuk mencegah masalah pencernaan. Berikut contoh makanan super yang bisa Anda konsumsi:

 

1-Blueberry

Blueberry atau buah berry lain disebut sebagai superfood. Ini karena kandungan vitamin, serat larut dan fitokimia. Dalam penelitian tahun 2013, yang diterbitkan di jurnal Circulation ditemukan asupan tinggi fitokimia bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

 

2-Kiwi

Kiwi juga disebut masuk dalam daftar superfood. Buah ini tinggi vitamin C dan antioksidan. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition tahun 2013 menunjukkan bahwa buah kiwi mengandung tinggi serotonin, hormon yang bisa membantu untuk tidur lebih nyenyak.

 

3-Kacang-kacangan

Kacang, sumber protein nabati rendah lemak. Kandungan serat larutnya membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga menghindarkan dari risiko kegemukan. Tak hanya itu, kacang juga mengandung vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang cukup tinggi.

 

4-Salmon

Ikan salmon sangat terkenal akan kandungan asam lemak omega 3-nya.

 

5-Brokoli

Brokoli mengandung fitonutrien yang mampu menekan pertumbuhan tumor dan mengurangi risiko kanker. Selain itu, satu mangkuk brokoli juga memberikan asupan vitamin C dan asam folat.

(Article By Bebby Sekarsari; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/diet-dan-nutrisi/superfood,-jenis-makanan-yang-seperti-apa.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close