Aku cinta Indonesia

Budi Karya: MRT Jakarta Akan Sepanjang 200 Km

(ekonomi.bisnis.com)-JAKARTA; Menhub Budi Karya Sumadi memproyeksikan jalur moda raya terpadu di Jakarta akan sepanjang 200 km dari saat ini hanya 15,7 km sebagai upaya memopulerkan angkutan massal berbasis rel.

 

Saat ini, MRT Jakarta tahap-1 fase 1 telah beroperasi yang menghubungkan Lebak Bulus Jakarta Selatan sampai dengan Bundaran Hotel Indonesia Jakarta Pusat sepanjang 15,7 km.

 

“Nanti, MRT akan sepanjang 200 km di Jakarta ada dari lintas selatan-utara dan barat-timur,” katanya dalam Press Background bertema Capaian Kinerja Kemenhub Kabinet  Kerja Jokowi-JK Periode 2014-2019 di salah satu rumah makan di Menteng Jakarta Pusat, 19/10/2019).

 

MRT tahap pertama fase 1 rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia sebanyak tujuh stasiun struktur layang yang membentang ±10 km dari wilayah Lebak Bulus hingga Sisingamangaraja. Ke-7 stasiun layang, yaitu Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M dan Sisingamangaraja.

 

Untuk enam stasiun bawah tanah (underground) membentang ±6 km, yang terdiri atas terowongan MRT bawah tanah dan enam stasiun MRT bawah tanah, yang terdiri atas Stasiun Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, Bundaran Hotel Indonesia.

 

Pada MRT tahap pertama fase 2 akan dibangun di bawah tanah dari Bundaran Hotel Indonesia, Stasiun Sarinah, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, hingga Kota.

 

Dia menambahkan pihaknya juga akan membangun kereta ringan atau light rail transit (LRT) di 5-6 kota di Indonesia. Menurutnya, pembangunan LRT di kota besar lain itu ditetapkan untuk meningkatkan angkutan massal berbasis rel.

 

(Rinaldi M Azka; Editor : Hendra Wibawa; Bahan dari : https://ekonomi.bisnis.com/read/20191019/98/1160965/budi-karya-mrt-jakarta-akan-sepanjang-200-kilometer)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close