Wisata dan Kuliner

Indahnya Pantulan Matahari Di Danau Labuan Cermin

(republika.co.id)- Siapapun yang ke tempat ini pasti berdecak kagum. Namanya, Danau Labuan Cermin di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-Biduk Kaltim. Untuk ke tempat itu, kita bisa menempuh dengan perjalanan darat sekitar 6-7 jam dari ibu kota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb.

 

Selain perjalanan darat, bisa juga  sewa kapal dari dermaga ke Danau Labuan Cermin. Meski perjalanan jauh, dijamin rasa lelah segera terobati begitu melihat keindahan alam yang ada. Danau Labuan Cermin ber air sangat jernih, bahkan dasar dari danau berupa pasir laut bisa terlihat dengan jelas.

 

Dinamakan Labuan Cermin dikarenakan danau ini memiliki lapisan yang membuat cahaya matahari memantul. Danau Labuan Cermin memiliki rasa asin yang bisa kita rasakan bila mengecap air dari permukaan, sementara air di dasar danau akan terasa tawar.

 

Dua jenis air ini membuat danau memiliki lapisan pemisah sehingga air dapat memantul. Tak jarang juga orang menyebut danau Labuan Cermin ini dengan panggilan ‘Danau Dua Rasa’. Meski terlihat dangkal, harus tetap waspada karena kedalaman danau ini sebenarnya  4-5 meter.

 

Pemandangan di sekitar Danau Labuan Cermin sangat menenangkan. Dikelilingi pepohonan rimbun yang membuat suasana sangat teduh, sehingga sangat tepat dijadikan tujuan wisata untuk sejenak melarikan diri dari keramaian yang kerap ditemui setiap hari.

 

Saat berada di Labuan Cermin, pengunjung dapat beraktivitas berenang, snorkeling dan menyelam. Saat menyelam pakai kacamata snorkeling, terlihat beberapa ikan berenang tidak jauh dari permukaan dan ada pula yang jauh di dasar. Rasa air yang berbeda menyebabkan ikan-ikan terpisah. Ini mempermudah membedakan mana jenis ikan air tawar dan yang mana ikan air laut.

 

Perlengkapan yang disiapkan di Labuan Cermin lengkap. Di dermaga ada penyewaan alat snorkeling beserta pelampung. Bagi yang ingin sekadar bermain air dan bersantai ria di atas ban, di Labuan Cermin tersedia penyewaan ban dalam mobil dan perahu air yang memiliki kaca transparan di bawahnya.

 

(Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek); Bahan dari : https://www.republika.co.id/berita/pzwqzw106197326519000/menikmati-indahnya-pantulan-matahari-di-danau-labuan-cermin)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close