Kesehatan

Langkah Mengatasi Sembelit

 (1health.id)- Perut sembelit atau di dunia medis disebut konstipasi, merupakan kondisi tidak bisa buang air besar secara teratur atau tidak bisa sama sekali. Beberapa orang mengalami hal ini dalam waktu singkat, tapi tidak menutup kemungkinan juga ada orang yang mengalami dalam waktu lama seperti.

 

Pada orang yang mengalami konstipasi akan menyebabkan tinja mengeras, dan membuat perut tidak nyaman seperti rasa penuh atau kembung, mual, tidak nafsu makan, rasa sakit atau melilit pada perut. Kondisi tersebut pastinya akan menimbulklan rasa tidak nyaman dan menganggu aktivitas Anda sehari-hari. Berikut adalah beberapa penyebab seseorang dapat mengalami masalah sembelit:

 

  • Gaya hidup. Misalnya kurang minum, kurang konsumsi serat, perubahan pola makan serta kebiasaan mengabaikan keinginan untuk buang air besar.
  • Efek samping obat
  • Misalnya suplemen kalsium, suplemen zat besi, antasida, antidepresi, dan sebagainya.
  • Kondisi tertentu. Misalnya wanita hamil, manula, penyakit tiroid, depresi, stroke, dan sebagainya.
  • Sumbatan pada anus.

 

Untuk dapat mengatasi sembelit yang Anda alami, Anda dapat memulainya dengan cara:
1-Makan makanan cukup serat seperti buah-buahan dan sayuran.
2-Minum air putih yang cukup.
3-Jangan menunda keinginan BAB.
4-Beraktivitas fisik yang cukup.

Jangan ragu untuk memeriksakan kondisi Anda ke rumah sakit terdekat, terlebih jika sembelit yang Anda alami tidak kunjung sembuh dan semakin bertambah parah.

 

(Konsultasi : dr. Reza Istiantho, Dokter Umum dari RSU Siloam Hospitals Lippo Village; Article By Bebby Sekarsari; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/langkah-tepat-atasi-sembelit.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close