Kesehatan

Manfaat Karbohidrat Kompleks Untuk Kesehatan

 (alodokter.com)-Karbohidrat Kompleks adalah jenis Karbohidrat yang terdiri dari molekul gula yang panjang dan kompleks. Jenis ini banyak ditemukan dalam beberapa jenis makanan, seperti kacang polong,  gandum roti atau nasi

 

Secara umum, Karbohidrat dibagi 2, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Kedua jenis ini sama-sama dibutuhkan tubuh. Memahami beragam jenis karbohidrat bisa membantu Anda dalam menerapkan pola hidup sehat dengan diet seimbang.

 

Beda Karbohidrat sederhana dan kompleks

Sesuai namanya, karbohidrat sederhana terdiri dari gula dasar yang mudah dicerna, seperti buah dan sayuran.

 

Meski demikian, tak semua jenis karbohidrat sederhana sehat untuk dikonsumsi sehari-hari, contoh makanan lain yang mengandung karbohidrat sederhana : Kue kering; Puding; Jus; Roti; Soda dan Permen

 

Jenis-jenis makanan itu mengandung karbohidrat sederhana, namun umumnya sudah diproses atau sudah ditambahkan gula, sehingga tidak baik bila dikonsumsi berlebihan.

 

Berbeda dengan karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks itu karbohidrat dengan susunan kimia lebih rumit atau kompleks. Karbohidrat kompleks perlu lebih banyak waktu untuk dicerna tubuh. Karena itu, karbohidrat kompleks lebih menyehatkan, terutama bagi yang menjalani diet atau penderita DM.

 

Beragam manfaat karbohidrat kompleks

Pada dasarnya, tubuh butuh asupan kedua jenis karbohidrat ini sebagai sumber energi. Namun, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks umumnya memberi lebih banyak serat, mineral, dan Vitamin yang sangat penting bagi tubuh.

 

Di samping itu, karbohidrat kompleks memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga akan memberikan energi maksimal dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

 

(Ditinjau oleh: dr. Allert Benedicto Ieuan Noya; Bahan dari : https://www.alodokter.com/manfaat-karbohidrat-kompleks-bagi-kesehatan)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close