Selingan

Penjelasan Mengapa Kucing Dibuang Bisa Pulang Ke Rumah

(merdeka.com), Kucing, binatang yang sulit dibuang. Jika kita buang hewan sahabat manusia itu ke tempat yang tak seberapa jauh, dengan mudah hewan berkaki empat itu kembali ke rumah kita.

 

Meski banyak yang mengatakan ini ada kaitan dengan hal-hal gaib, ternyata ada penelitian yang bisa menjelaskan fenomena ini. Salah satu kisah kucing kembali pulang ke rumah dialami oleh keluarga Hicks dari Australia. Pada tahun 1978, kucing persia bernama Howie tertinggal saat keluarga Hicks berlibur.

 

Namun, 12 bulan kemudian, Howie muncul di rumah keluarga Hicks. Dari tempat mereka berlibur hingga ke rumah mereka, Howie ditaksir berjalan sejauh 1.609 km melewati daratan gersang Australia yang terkenal berbahaya. Hal ini benar-benar bisa dijelaskan, berikut ulasannya

 

Kekuatan super kucing

Berdasarkan penelitian Matthijs van der Meer dari University of Waterloo, mengungkapkan bila ada beberapa kemampuan spesial kucing yang membuat mereka ingat jalan pulang meski jaraknya sangat jauh. Kemampuan itu adalah ‘memory’, ‘landmark’, ‘navigasi takson’, dan ‘mental map’

 

Kucing disebut Matthijs memiliki ingatan (memory) yang kuat akan hal-hal di sekitar mereka. Saat dibawa kemana-mana, mereka bisa mengingat jalan hingga posisi tempat-tempat yang mereka lalui.

 

Selain itu, ilmuwan memprediksi bila hewan peliharaan ini punya indera khusus yang bisa merasakan gaya magnet meski lemah. Indera ini berguna untuk menentukan di arah mana laut berada (landmark). Dengan pedoman posisi arah laut, kucing bisa berjalan tanpa khawatir salah arah.

 

Kucing si Ahli Navigasi

Kucing seperti banyak hewan lain, memiliki kemampuan dasar hewani bernama navigasi takson. Singkatnya, itu adalah kemampuan untuk merasakan arah lokasi target yang dituju.

 

Untuk membuat prediksi lokasi semakin tepat, kucing menggunakan berbagai indera mereka, mulai dari penglihatan sampai penciuman. Akan tetapi jangan kira kucing tidak pernah salah ambil jalan.

 

Menariknya, kesalahan mengambil arah pulang bisa menguatkan peta imajinatif (mental map) yang ada di otak mereka. Ya, mental map membuat mereka tidak mudah melakukan kesalahan pengambilan jalan yang sebelumnya tidak sengaja dilakukan.

 

Nah, keempat kemampuan kucing tadi membuat kucing ini memiliki ‘sistem pencari alamat’ yang hebat. Oleh karena itu, jangan sampai tega untuk membuang makhluk hidup sehebat ini ya!

 

(idc; Indra Cahya; Bahan dari : https://www.merdeka.com/teknologi/ini-penjelasan-ilmiah-mengapa-kucing-dibuang-bisa-pulang-ke-rumah.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close