Iptek dan Lingk. Hidup

Viral Air Laut Terpisah Di Bawah Jembatan Suramadu

(teknologi.bisnis.com)-JAKARTA; Sebuah video viral di dunia maya memperlihatkan kondisi air laut terbelah 2 bagian di Selat Madura. Video itu ramai dibagikan dan dikomentari oleh  warganet.

 

Kedua bagian yang terpisah itu memperlihatkan air laut yang berbeda warna dan seperti tidak menyatu. Pada satu bagian air laut itu berwarna kehitaman, di bagian lainnya air laut tampak berwana abu-abu. Keduanya seperti dipisahkan oleh garis.

 

Video viral itu diunggah akun instagram maduraholic. Video memperlihatkan lokasi jembatan Suramadu, lalu diarahkan ke laut di bawahnya. Alan Koropitan, ahli Oseanografi IPB dan anggota Ilmuwan Muda Indonesia, mengomentari fenomena itu. “Sekilas saya lihat itu plume masa air yang berbeda,” ujarnya.

 

Plume adalah pola yang terbentuk di permukaan dari warna air yang kontras terlihat. Menurutnya, kemungkinan masukan debit sungai tinggi akibat dari curah hujan saat ini yang sedang tinggi.

 

“Sehingga kelihatan jelas plume sedimen yang terbawa dari sungai,” tambahnya. Menurutnya, fenomena ini adalah hal yang biasa, ketika curah hujan tinggi dan debit air meningkat.

 

Fenomena ini tak hanya terjadi di Selat Madura, namun juga terjadi di Selat Gibraltar yang penghubung antara Laut Mediterania dan Samudera Atlantik serta memisahkan Spanyol dan Maroko.

 

(JIBI;  Editor : Nancy Junita; Bahan dari : https://teknologi.bisnis.com/read/20190321/84/902539/viral-air-laut-terpisah-di-bawah-jembatan-suramadu)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close