Aku cinta Indonesia

Ikon Baru Papua Lagi Dibangu Mari Dan Intip Proyeknya

(finance.detik.com)-PAPUA; Kementerian PUPR akan selesaikan pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Papua akhir 2019. Intip yuk proyeknya.

 

Ini komitmen Pemerintah untuk melanjutkan pembangunan PLBN hingga tahun 2021, sesuai dengan amanat Nawacita yang dicetuskan Presiden Jokowi lima tahun silam, yaitu “Membangun dari Pinggiran”.

 

Tujuannya untuk menjadikan kawasan perbatasan negara yang sering juga disebut sebagai halaman belakangnya Negara Indonesia, menjadi beranda depan yang dapat dibanggakan.

 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, saat ini pelintas batas perbatasan Sota yang berjarak sekitar 80 km dari Merauke sekitar 20-25 orang setiap hari.

 

PLBN Sota menjadi pos lintas batas negara kedua di Papua setelah PLBN Skouw di Jayapura yang telah dilakukan perbaikan. PLBN Sota ini tambahan pos lintas yang berbatasan antara Indonesia-Papua Nugini. Selain itu, ada PLBN Yetetkun di Kabupaten Boven Digoel yang juga sudah direncanakan akan dibangun.

 

Pembangunan kawasan perbatasan Sota dilakukan Ditjen Cipta Karya terbagi jadi zona inti, sub inti dan pendukung. Pada zona inti akan dibangun PLBN, gudang sita, klinik, monumen Garuda, bangunan gerbang dan check point, serta didukung jalan akses kePLBN yang mulus dan tersedianya lahan parkir.

 

Untuk zona sub inti akan dibangun rumah pegawai, wisma Indonesia dan zona pendukung berupa rest area, gereja, musola, parkir dan renovasi Pasar Sota yang dilengkapi fasilitas 13 kios dagang. Untuk zona pendukung lainnya, juga akan dilengkapi fasilitas tempat beristirahat (Rest Area).

 

Pelaksanaan pembangunan PLBN telah dimulai awal 2019 dengan progres fisik 81,01 % dan ditargetkan selesai pada akhir 2019, dengan biaya pembangunan sebesar Rp 114 miliar.

 

Infrastruktur permukiman bagi warga sekitar perbatasan juga akan dibangun seperti sistem penyediaan air minum (SPAM), tempat pengolahan sampah, penyediaan MCK dan septic tank komunal, jalan lingkungan dan drainase bagi masyarakat sekitar perbatasan..

 

(Bahan dari : https://finance.detik.com/foto-bisnis/d-4804742/ikon-baru-di-papua-lagi-dibangun-intip-yuk-proyeknya/1/#photos)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close