TELKOMGrup dan SEKAR

Link Aja Digitalisasi Transaksi Di Pasar Peterongan Semarang

(indotelko.com)-SEMARANG; LinkAja bekerja sama dengan Disperdag Kota Semarang, meluncurkan solusi pembayaran nontunai di 65 merchant yang ada di Pasar Peterongan.

 

Direktur Operasi LinkAja Haryati Lawidjaja menjelaskan revitalisasi pasar tradisional sebagai bagian penting dari ekonomi kerakyatan penting untuk menjaga eksistensi dan daya saing pasar sebagai pusat perekonomian daerah. Digitalisasi transaksi sebagai elemen penting dari revitalisasi pasar, terus diimplementasikan LinkAja sebagai komitmen nyata meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

 

Digitalisasi transaksi di Pasar Peterongan menggunakan QRIS. Transaksi elektronik ini memungkinkan para penjual yang menyediakan layanan pembayaran dengan QR Code untuk memiliki satu QR Code saja, yang bisa digunakan untuk lebih dari satu operator pembayaran.

 

Tahap sosialisasi dan edukasi juga telah dilakukan bertahap kepada pedagang pasar, agar mereka memahami pemanfaatan teknologi dalam sistem pembayaran pada kegiatan jual-beli sehari-hari.

 

“Kami sadar ada perubahan perilaku konsumen dalam bertransaksi, yang saat ini mayoritas konsumen mulai memilih bertransaksi nontunai dalam kesehariannya. Digitalisasi jual-beli yang LinkAja hadirkan di Pasar Peterongan ini solusi bagi pedagang pasar dan pembeli”

 

“Hal itu untuk mengubah kebiasaan pakai uang tunai yang merepotkan kedua belah pihak, jadi transaksi aman, nyaman, dan praktis. Kami harap upaya ini jadi keuntungan kompetitif bagi pedagang untuk bersaing dengan perbelanjaan modern, selain berkontribusi bagi peningkatan kebiasaan bertransaksi  elektronik, dalam upaya kami meningkatkan indeks inklusi keuangan” katanya.

 

Untuk mengakselerasi proses edukasi pembayaran digital di pasar Peterongan, LinkAja menyediakan experience booth dengan fasilitas  top up saldo, yang memungkinkan pembeli dapat bertransaksi non tunai langsung di merchant di Pasar Peterongan hingga satu bulan kedepan.

 

Perlu diketahui, fasilitas top up saldo bagi para pembeli juga dapat dilakukan di berbagai titik cash in yang ada di sekitar area pasar, seperti ATM Himbara (Himpunan Bank Milik Negara), gerai Alfamart dan Indomaret, hingga Kantor Pos dan Pegadaian.

 

Pasar Peterongan ini salah satu dari puluhan pasar tradisional yang saat ini bekerja sama dengan LinkAja untuk menghadirkan inovasi pembayaran digital. Beberapa pasar lain yang lebih dulu bekerja sama dengan LinkAja adalah Pasar Beringharjo Yogyakarta, Pasar Mayestik DKI Jakarta, Pasar Oro – oro Dowo Malang, dan beberapa pasar lainnya di Jawa dan Sumatra.

 

(wn; Bahan dari  : https://www.indotelko.com/read/1574384426/linkaja-peterongan-semarang)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close