Kesehatan

Turunkan Kolesterol Jahat Dengan Konsumsi Ini

 (1health.id)- Kolesterol, masalah umum penyebab kematian pada lebih dari 80% orang karena penyakit jantung. Kolesterol tinggi menyebabkan masalah jantung dan jika dibiarkan, bisa berakibat fatal.

 

Kolesterol LDL itu kolesterol jahat dapat berisiko tinggi penyakit jantung, gagal ginjal dan penyumbatan pembuluh darah. Terlalu banyak kolesterol di tempat tubuh yang salah dapat menyebabkan masalah. Kolesterol tidak larut dalam air, dan saat di dalam tubuh, kolesterol langsung menuju ke dalam aliran darah.

 

Tubuh kita butuh kolesterol setiap hari, namun ini bukan berarti Anda boleh memakan makanan cepat saji tiap harinya. Jika kadar kolesterol LDL tubuh Anda terlalu tinggi, Anda bisa mengonsumsi makanan ini untuk membantu menurunkannya:

 

Jus jeruk

Minum dua gelas jus jeruk di pagi hari adalah salah satu cara terbaik menurunkan kolesterol jahat dengan cepat. Jus jeruk segar membantu menjaga aliran darah yang sehat di tubuh. Cobalah hindari pemakaian gula, sebagai gantinya tambahkan madu yang merupakan alternatif sehat pengganti gula.

 

Roti gandum utuh

Roti, menu sarapan bagi banyak orang. Namun, roti putih lebih disukai dibanding roti gandum, padahal, makan roti gandum lebih baik karena bisa meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Roti gandum dapat memberi Anda serat makanan yang cukup melawan penyakit kardiovaskular. Konsumsi juga beras merah yang kaya serat untuk lebih meningkatkan kadar kolesterol baik di tubuh Anda.

 

Kayu manis

Orang yang menderita diabetes tipe-2 dapat mengurangi kadar kolesterol dengan mengonsumsi 6 gram kayu manis setiap hari. Bumbu serba guna ini bisa Anda tambahkan pada berbagai menu masakan Anda. Kayu manis akan menurunkan kolesterol jahat dengan cepat dan meningkatkan berat badan.

 

Oatmeal

Oatmeal bermanfaat kesehatan luar biasa. Ini karena oatmeal diperkaya serat larut, beta-glukan dan juga bermanfaat mengurangi kolesterol LDL sebanyak 12 hingga 24 persen. Mulai makan semangkuk oatmeal untuk sarapan agar dapat mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dengan cepat.

 

Minyak zaitun untuk dressing Salad

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang dapat mengurangi kolesterol LDL yang ditemukan pada orang yang menderita sindrom metabolik atau diabetes. Konsumsi minyak zaitun untuk dressing salad atau untuk memasak meitu alternatif lebih sehat menurunkan kadar kolesterol Anda.

(Article By Claudia Ramadhani; Bahan dari :  https://www.1health.id/id/article/category/diet-dan-nutrisi/turunkan-kadar-kolesterol-jahat-dengan-konsumsi-ini.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close