Wisata dan Kuliner

Menikmati Destinasi Curug Malela Bandung

(explorewisata.com)-Jabar terkenal dengan obyek wisatanya. Obyek di Jabar terbagi jadi dua yaitu obyek wisata alam dan buatan. Anda bisa temukan banyak obyek wisata di Jabar salah satunya di Bandung.

 

Bandung termasuk salah satu kota metropolitan dan sering disebut “Paris Van Java”. Obyek wisata yang di kota Bandung tersebar dalam beberapa wilayah kecamatan salah satunya ada di Cianjur. Ada banyak obyek wisata alam di Cianjur salah satunya curug malela.

 

Curug Malela adalah salah satu destinasi alam yang berupa air terjun. Curug ini memilliki keindahan yang luar biasa. Jadi tak heran banyak para pengunjung yang datang untuk mengunjungi curug ini. Para pengunjung yang datang tidak hanya dari dalam kota saja, namun juga dari luar kota seperti DKI jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat dan masih banyak lagi.

 

Lokasi Curug Malela

Curug indah ini di perbatasan Cianjur, Kampung Mangdid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kab-Bandung Barat. Untuk bisa sampai di Curug Malela, harus ditempuh jauh kira kira 3 jam dari Kabupaten Cianjur, dan dari pusat kota Bandung perlu 2 jam.

 

Jika lewat Cianjur, disuguhkan pemandangan alam asri seperti persawahan hijau, desa desa kecil, dan area perkebunan. Jika anda dari kota Bandung juga melewati jalanan perbukitan naik turun dan berkelok serta hamparan sawah yang menguning dan hijau. Jika datang diwaktu tepat, anda bisa lihat keindahan Gunung Kendeng, icon dari kota Cianjur.

 

Cantiknya Pesona Curug Malela

Curug ini tingginya 60-70 mt, ini lebarnya ±50 mt. Curug yang menjulang tinggi ini airnya deras dan dingin. Jika berdiri di dekat air terjun pakaian anda basah terkena cipratan air. Air terjun malela terdiri dari beberapa pancuran air yang berdekatan. Karena curug ini pancurannya air yang berjejeran seperti air terjun niagara di AS, banyak yang menyebut “niagara nya Cianjur”.

 

Air yang deras membuat curug ini punya kubangan air atau kolam dibawahnya. Anda bisa berenang di dalam kolam ini. Air kolam terasa sejuk cenderung dingin membuat pengujung tertarik untuk berenang. Bagi yang tidak bisa berenang, tidak disarankan berenang di dalam kolam ini. Pasalnya kolam dibawah curug malela ini dalam yaitu 1,5 sampai 2 meter.

 

Dasar kolam berupa tanah dan bebatuan kecil dapat membuat kaki mudah masuk kedalamnya. Bagi yang tidak bisa berenang disarankan bermain air dipinggir kolam. Di pinggir kolam ada bebatuan yang menambah keindahan. Jika beruntung, anda bisa melihat monyet monyet turun dari hutan untuk minum di curug ini.

 

Curug malela dikelilingi hutan lumayan rimbun jadi tidak heran banyak hewan hutan yang berlalu lalang. Curug ini  cocok dikunjungi bag anda yang suka berfoto foto dan update di sosial media.

 

Rute ke Curug Malela

Untuk sampai di curug malela anda bisa lewat rute  seperti:

Dari kota Cimahi menggunakan kendaraan pribadi

Pertama ke Batujajar lalu ke arah Cihampelas. Lanjut ke Cililin lalu ke Sindang Kerta. Sesampai Sindang Kerta ikuti petunjuk arah untuk sampai di Gunung Halu. Di Gunung Halu anda hanya berjalan lurus untuk sampai di salah satu destinasi terkenal ini.

 

Dari Bandung pakai kendaraan umum

Jika anda berangkat dari kota Bandung, anda menuju ke terminal Ciroyom. Lanjut menuju daerah Buni Jaya dengan melewati daerah Ciroyom, Cililin, Sindang Kerta, dan Gunung Halu.

 

Fasilitas di Curug Malela

Selain tiket murah dan pemandangan indah, curug ini punya fasilitas penunjang. Yaitu toilet umum, area parkir luas, dan warung warung makan. Namun fasilitas akses ke lokasi curug ini cukup sulit. Warung disini menyediakan aneka makanan dan minuman seperti soto, mie instan, dan masih banyak lagi.

 

Akses dan jam Operasional Curug Malela

Untuk mencapai lokasi di Cianjur, sesampainya di area parker, Anda harus jalan kaki ± 2 Km. Melewati setapak kecil berbatu dan kontur naik turun. Di perjalanan ke air terjun malela, disuguhkan hamparan hutan lebat. Tak jarang anda melihat monyet bergelantungan. Curug ini buka tiap hari pukul 08.00 sampai 17.00.

 

Penginapan di Curug Malela

Tak banyak penginapan di dekat curug. Tapi anda bisa sewa villa atau kamar yang disewakan  penduduk di desa terdekat. Jika ingin ke di hotel berfasilitas lengkap, anda harus menempuh ± 5 Km. Dengan uang  200 – 800 ribu untuk menginap di hotel atau penginapan.

 

Curug ini cocok dikunjungi saat kemarau karena tidak memiliki debit air deras. Untuk anda yang ingin berkunjung ke salah satu destinasi wisata ini anda harus mempersiapkan tenaga yang cukup besar.

 

(Bahan dari : https://explorewisata.com/2018/03/lokasi-rute-dan-harga-tiket-masuk-curug-malela-bandung.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close