Aku cinta Indonesia

PLN Operasikan PLTS Sambelia Di Lombok Utara

(ekonomi.bisnis.com)-JAKARTA; PLN mengoperasikan PLTS Sambelia untuk menambah kapasitas listrik di Lombok Utara. GM PLN Unit Induk Wilayah NTB Rudi Purnomoloka mengatakan Pengoperasian PLTS Sambelia ini salah satu wujud komitmen PLN terhadap pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT).

 

“Kami terus berkomitmen mengembangkan pemanfaatan EBT di NTB. Rencana jangka panjang, akan ada titik titik yang akan kita eksplorasi lagi” ujar Rudi dalam siaran pers, (18/1/2020). Pembangunan PLTS Sambelia telah dimulai sejak Agustus 2017 dan beroperasi pada akhir Desember 2019.

 

Selain ramah lingkungan, PLTS ini berdampak efisiensi produksi listrik karena mengurangi penggunaan BBM untuk pembangkit di NTB. PLTS jauh lebih efisien terhadap biaya produksi yang dikeluarkan. Dia menjelaskan selisihnya sekitar Rp900/kWH terhadap pembangkit yang menggunakan solar.

 

“Meski lebih murah, ini tidak mempengaruhi mutu dan kualitas layanan ke masyarakat”. Pengoperasian PLTS ini, imbuhnya, juga berkontribusi positif pada bauran energi di NTB. Pasalnya, pada Juni 2019 PLTS hanya berkontribusi 0,1% terhadap bauran energi di NTB. Namun, akhir 2019, kontribusinya meningkat jadi 2,8%.

 

Secara keseluruhan, PLN mengoperasikan 7 PLTS tersebar di Pulau Lombok, yaitu di Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno, Sengkol, Selong, Pringgabaya dan Sambelia. Ketujuh PLTS itu mampu menyuplai 8,5% dari daya mampu total pada siang hari untuk sistem Lombok yang mencapai 233 MW.

 

Kadis ESDM Provinsi NTB  Muhammad Husni menyampaikan apresiasinya atas beroperasinya PLTS Sambelia tersebut.

 

“Ini menunjukkan komitmen PLN untuk berupaya mewujudkan kebijakan pemerintah, pusat dan NTB terkait peningkatan kontribusi EBT dalam pemenuhan kebutuhan energi khususnya energi listrik. Saya harap agar ke depan terus diupayakan peningkatan kontribusi dimaksud, sehingga target kontribusi EBT sebesar 23% pada 2025 bisa diwujudkan,” ujarnya.

 

PLTS Sambelia ini nantinya juga akan memasok listrik untuk Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika dan gelaran akbar MotoGP yang akan berlangsung di Mandalika pada 2021.

 

(Fitri  Sartia  Dewi; Editor: Nancy Junita;  Bahan dari : https://ekonomi.bisnis.com/read/20200118/44/1191595/pln-operasikan-plts-sambelia-di-lombok-utara)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close