Kesehatan

Upaya Menjaga kesehatan diri

 (m.batamtoday.com)-NEW YORK; Orang miskin dilarang sakit. Itu ungkapan yang sering kita dengar menganalogikan mahalnya biaya rumah sakit. Berobat ke RS, konsultasi ke dokter atau beli obat. Banyak pemeriksaan lain mendukung diagnosis dokter, dan pemeriksaan-pemeriksaan itu selangit harganya.

 

Itu ungkapan jaman doeloe sebelum pengobatan di tanggung BPJS. Apalagi kita sebagai peserta Yakes Telkom. Tapi yang patut kita waspadai adalah akibatnya jika kita sakit, yaitu pproduktivitas kita turun dan berpotensi manfaat kita bagi masyarakat juga berkurang atau berhenti Berikut cara sederhana menjaga kesehatan secara mandiri, sebelum memastikan Anda pergi ke Yakes

1-Sesekali, jadilah dokter bagi diri Anda sendiri: Perawatan medis bagi Anda sendiri butuh keteramplan khusus. Perawatan medis yang terbaik adalah self-administered, sehingga Anda tidak sendirian. Praktik pencegahan yang baik dan menjaga kebersihan membatasi diri Anda dari penyakit. Tidak masalah jika Anda mencoba sendiri pengobatan. Namun, Anda harus  tahu kapan Anda harus ke rumah sakit.

2-Konsumsilah atau meminta obat generik: Seperti yang sudah sering disosialisasikan oleh pemerintah. Obat berlabel generik memiliki kandungan yang sama dengan obat mahal dari yang bermerek.

3-Latih diri sendiri: Gunakan Internet untuk meneliti kondisi medis Anda. Mungkin Anda tidak dapat akurat mendiagnosis (atau mengobati) sendiri melalui Internet, setidaknya Anda jadi konsumen informasi jika atau ketika Anda mencari perawatan dari Yakes.

4-Percayalah sistem kekebalan tubuh. Jauh sebelum ada klinik yang nyaman dan dokter yang hebat, penyakit pun sudah ada. Dan penyakit itu sembuh sendiri berkat perlawanan dari sistem kekebalan tubuh kita.

 

(Bahan dari : Tempo.co dan http://m.batamtoday.com/berita28252-10-Cara-Menghemat-Biaya-Pengobatan.html)-FatchurR *

*** Jangan lupa, agar penyakit Anda tidak makin parah minimal lakukan pencegahan dengan tidak melanggar arahan yang diberikan dari dokter Anda (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close