Psikologi

Gubernur Khofifah Tanam 50000 Vetiver Di Lereng Semeru

(jatim.sindonews.com)- Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, bersama Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi, menanam 50.000 rumput vetiver di lereng G. Semeru, di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Lumajang, Sabtu (15/2/2020).

Penanaman rumput vetiver itu untuk menindaklanjuti instruksi Presiden Jokowi membentuk konservasi alam. Menurut Khofifah, vetiver ini tidak boleh ditanam di lahan konservasi. Orang nomor satu di Jatim itu berterima kasih pada kelompok tani hutan bersama Kodam V/Brawijaya yang berkenan menanam vetiver.

 

“Ini gerak cepat menindaklanjuti perintah presiden. Aster Kodam berkoordinasi dengan Kadishut Jatim dan Sekda untuk menyiapkan teknis dan lahan di Ranupani,” kata Khofifah usai penanaman di Ranupani.

 

Hari ini, baru ditanam 50.000 vetiver. Ke depan terus ditanam sampai 200.000. Vetiver ini butuh air, sehingga ditanam saat musim hujan. Kelebihan vetiver, punya akar bisa sampai 6 meter ke bawah tanah. Hal itu berseiring dengan tradisi masyarakat tanam kentang. “Tanam kentang tetap jalan dan daya tahan lingkungan dan tanah tetap dikuatkan,” kata dia.

Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI R Wisnoe mengatakan, penanaman vetiver terus dilakukan dengan dikoordinasi Korem dan Kodim di jajaran Kodam V/Brawijaya. “Penanaman ini tak hanya di dataran tinggi. Bisa di tanggul sungai, karena fungsinya mengikat tanah dan meminimalisasi dampak bencana longsor,” kata dia.

(nth; Lukman Hakim; Bahan dari : https://jatim.sindonews.com/read/23467/1/gubernur-khofifah-tanam-50000-rumput-vetiver-di-lereng-semeru-1581764575)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close