Aku cinta Indonesia

Infrastruktur Raksasa Yang Beroperasi-2019(3/3)

(finance.detik.com)- 4-Tol Japek layang

Belum lama ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) atau tol Japek Layang sepanjang 36,4 kilometer (km), Kamis (12/12/2019). Sejak diresmikan, sampai saat ini pun pengoperasiannya masih belum diberlakukan tarif alias gratis.

 

Tol ini berada tepat di atas jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) eksisting. Membentang 36 km, tol ini menjadi jalan bebas hambatan dengan struktur layang terpanjang di Indonesia saat ini. Dengan adanya tol layang ini, Jakarta-Bandung yang biasanya menempuh waktu 3-4 jam diperkirakan bisa terpangkas sekitar 30 menit.

Pengguna jalan dari arah Jakarta dapat melintas melalui Jalan Tol Dalam Kota, Jalan Tol Wiyoto Wiyono, Jalan Tol JORR dan Jalan Tol Jagorawi. Kemudian, dapat melanjutkan perjalanan lewat tol Japek II ini untuk menuju Bandung, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Untuk arah sebaliknya pengguna jalan dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan Bandung dapat menggunakan Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang, lanjut melewati tol Japek II menuju Jakarta.

5-Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka)

Terakhir, Presiden Jokowi telah meresmikan tol terpanjang pada Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yaitu ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) sepanjang 189 Kkm pada 15/11/2019.

 

Tol Terpeka kini menjadi jalan bebas hambatan terpanjang di Indonesia, menggeser posisi Bakauheni-Terbanggi Besar 140,9 km. Pembangunan tol ini pun menorehkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan memecahkan rekor Pembangunan Tol Terpanjang.

Memakan waktu pembangunan kurang dari 2,5 tahun, tol Terpeka juga menjadi tol terpanjang dengan durasi pembangunan tercepat di Indonesia.

Ruas tol ini sendiri terbagi terbagi atas dua seksi dimana, Seksi I ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang terhampar sejauh 112 km kemudian Seksi II ruas Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 77 km.

Tol Terpeka memiliki 17 jembatan, enam simpang susun dan 23 underpass yang akan memperlancar aksesibilitas serta perjalanan dari dan menuju ke arah Palembang, Sumatera Selatan.

 

Tol dengan lebar jalur utama sebesar 3,6 meter untuk tiap lajur ini dilengkapi dengan enam Gerbang Tol (GT) yaitu GT Gunung Batin di KM 26, GT Menggala yang ada di KM 43, GT Lambu Kibang di KM 61, GT Way Kenanga di KM 77, GT Simpang Pematang di KM 99, dan GT Kayu Agung di KM 188.

Tol Terpeka dapat menampung volume kendaraan sebanyak lebih dari 6.400 kendaraan setiap harinya. Para pengguna jalan nantinya bisa beristirahat di sembilan tempat istirahat yang tersebar di sepanjang tol Terpeka, yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian pembangunan. Terdapat lima tempat istirahat di jalur yang mengarah ke Kayu Agung, dan empat lainnya untuk arah ke Bakauheni.

 

 

(Anisa Indraini; Bahan dari : https://finance.detik.com/infrastruktur/d-4835138/daftar-infrastruktur-raksasa-yang-beroperasi-tahun-ini)-FatchurR * Tamat……….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close