Islam

Kemenag Tambah Jalur Cepat Untuk Musim Haji 2020

(republika.co.id dan IHRAM.CO.ID), JAKARTA; Kemenag berencana menambah layanan fast track atau jalur cepat untuk calon jamaah haji. Sebelumnya fasilitas jalur cepat hanya ada di Bandara Soetta, di musim haji tahun ini Bandara Juanda di Surabaya akan punya fasilitas jalur cepat.

 

Menag Fachrul Razi menyampaikan, Kemenag berupaya agar layanan jalur cepat tak hanya dapat dinikmati calon jamaah haji yang ke Tanah Suci dari Bandara Soekarno-Hatta saja. Kini Kemenag sedang berupaya agar Bandara Juanda juga memiliki fasilitas jalur cepat.

“Jalur cepat yang lalu hanya dinikmati jamaah dari DKI, Lampung dan Banten, kini kita minta di Bandara Juanda juga ada jalur cepat sehingga jamaah haji Jatim, Bali dan NTT bisa menikmati fasilitas jalur cepat” kata Fachrul saat diwawancara Republika.

Dalam layanan jalur cepat pemeriksaan paspor, rekaman biometrik dan sidik jari dilakukan di bandara lebih cepat. Sehingga ketika jamaah haji tiba di Jeddah atau Madinah tidak lagi antre berjam-jam di imigrasi Arab Saudi. Begitu turun dari pesawat mereka bisa langsung naik ke bus masing-masing.

Menag mengungkapkan, pihaknya ingin membuat fasilitas jaur cepat melayani kepulangan jamaah haji ke Tanah Air. Dia ingin jamaah sudah dicek dokumen imigrasinya sebelum terbang dari Jeddah atau Madinah ke Tanah Air. Mengenai berapa jamaah haji yang akan mendapat layanan ini, Menag belum dapat memastikannya.

Selain itu, di tahun ini juga Kemenag berencana menambah layanan Eyab atau jalur khusus kepulangan jamaah haji. Tahun lalu sebanyak 55 kloter jamaah haji yang terbang menggunakan Saudi Arabian Airlines mendapat layanan Eyab di Madinah dan Jeddah.

“Kita harapkan bisa dinaikkan jumlah kloter yang mendapat layanan Eyab, kelihatannya mereka (Saudi Arabian Airlines) setuju, cuma harapan kita jangan sampai ada tambahan biaya (untuk tambahan Eyab), nanti kita pastikan,” kata Menag.

Menag mengungkapkan, sebetulnya sangat berharap layanan Eyab dapat diberikan oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia seperti yang telah diberikan Saudi Arabian Airlines. Tapi bila Garuda menginginkan ada biaya tambahan untuk Eyab, Kemenag tidak mau.

 

(Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Indira Rezkisari  Bahan dari : https://www.republika.co.id/berita/q52qbu328/kemenag-tambah-jalur-cepat-untuk-musim-haji-2020)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close