Kesehatan

Lima Penyakit Bisa Sembuh Dengan Stem Cell

 

(lifestyle.sindonews.com)-JAKARTA; Stem cell (sel punca) dapat dipakai mengobati penyakit yang saat ini belum ada obatnya. Dengan stimulasi  tepat, banyak stem cell yang mengambil peran dari semua jenis sel dan sel ini dapat meregenerasi jaringan yang rusak di bawah penanganan yang tepat.

Potensi ini dapat menyelamatkan nyawa atau memperbaiki luka dan kerusakan jaringan seseorang yang sakit dan cidera. Para ilmuwan juga melihat banyak kegunaan pada stem cell. Dilansir dari laman Medical News Today, berikut kegunaan stem cell untuk pengobatan.

 

1-Regenerasi jaringan

Fungsi stem cell yang terpenting meregenerasi jaringan  . Hingga kini, yang butuh ginjal baru, misalnya, harus menunggu donor dan menjalani transplantasi. Ada kekurangan organ donor, tetapi dengan menginstruksikan stem cell untuk berdiferensiasi dengan cara tertentu, ilmuwan dapat menggunakan untuk menumbuhkan jenis jaringan atau organ tertentu.

 

Contoh, dokter telah menggunakan stem cell dari bawah permukaan kulit untuk membuat jaringan kulit baru. Mereka bisa memperbaiki luka bakar parah atau cidera lain dengan mencangkokkan jaringan ini ke kulit yang rusak, dan kulit baru akan tumbuh kembali.

 

2-Peengobatan penyakit Kardiovaskuler

Pada 2013, tim peneliti dari Massachusetts General Hospital melaporkan dalam PNAS Early Edition mereka telah membuat pembuluh darah pada tikus laboratorium menggunakan stem cell manusia. Dalam 2 minggu setelah menanamkan stem cell, jaringan pembuluh darah perfusi terbentuk.

 

Kualitas pembuluh darah baru ini sama bagus dengan yang alami di sekitarnya. Peneliti berharap, jenis teknik ini pada akhirnya dapat membantu mengobati pasien penyakit jantung dan pembuluh darah.

 

3-Pengobatan penyakit Otak

Dokter suatu hari nanti dapat menggunakan sel dan jaringan pengganti untuk mengobati penyakit otak seperti parkinson dan alzheimer. Dalam parkinson, kerusakan sel-sel otak menyebabkan gerakan otot yang tidak terkendali. Para ilmuwan dapat menggunakan stem cell untuk mengisi kembali jaringan otak yang rusak.

 

Ini dapat mengembalikan sel-sel otak khusus yang menghentikan gerakan otot yang tidak terkendali. Para peneliti telah mencoba membedakan stem cell embrionik menjadi sel-sel jenis ini sehingga perawatannya sangat menjanjikan.

 

4-Terapi Kekurangan Sel

Para ilmuwan berharap suatu hari nanti dapat mengembangkan sel-sel jantung sehat di laboratorium yang bisa ditransplantasikan ke pasien penyakit jantung. Sel-sel baru ini dapat memperbaiki kerusakan jantung dengan mengisi kembali jantung dengan jaringan yang sehat.

Juga orang-orang dengan diabetes tipe I dapat menerima sel-sel pankreas untuk menggantikan sel-sel penghasil insulin yang hilang atau dihancurkan oleh sistem kekebalan mereka sendiri. Satu-satunya terapi saat ini transplantasi pankreas dan sangat sedikit pankreas yang tersedia untuk transplantasi.

 

5-Perawatan penyakit darah

Saat ini dokter rutin menggunakan stem cell hematopoietik dewasa untuk mengobati penyakit seperti leukemia, anemia sel sabit, dan defisiensi imun lain. Stem cell hematopoietik terjadi dalam darah serta sumsum tulang dan dapat menghasilkan semua jenis sel darah, termasuk sel darah merah yang membawa oksigen dan sel darah putih yang melawan penyakit.

Di sisi lain, stem cell bermanfaat sebagai terapi potensial, dan untuk tujuan penelitian. Contoh,  ilmuwan telah menemukan menghidupkan atau mematikan gen tertentu dapat membuatnya berdiferensiasi. Penemuan ini membantu mereka untuk menyelidiki gen dan mutasi yang menyebabkan efek mana.

Berbekal pengetahuan ini, ilmuwan menemukan penyebab bermacam penyakit dan kondisi. Beberapa di antaranya belum memiliki obat. Pembelahan dan diferensiasi sel abnormal juga bertanggung jawab atas kondisi yang meliputi kanker serta cacat bawaan yang muncul sejak lahir. Mengetahui apa yang menyebabkan sel membelah dengan cara yang salah bisa mempermudah penyembuhan.

Stem cell juga membantu pengembangan obat baru. Alih-alih menguji obat pada sukarelawan manusia, ilmuwan dapat menilai bagaimana obat memengaruhi secara normal jaringan sehat dengan mengujinya pada jaringan yang tumbuh dari stem cell.

 

(tsa; Diana Rafikasari;  Bahan dari : https://lifestyle.sindonews.com/read/1497127/155/lima-penyakit-ini-bisa-sembuh-dengan-stem-cell-1579053311)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close