Kesehatan

Manfaat Ngulet Setelah Bangun Tidur

(cnnindonesia.com)- Jakarta, Bangun tidur di pagi hari, sadar atau tidak sadar Anda akan ngulet alias menggeliat untuk membuat tubuh merasa nyaman. Kebiasaan itu bukannya tanpa alasan. Meregangkan tubuh setelah bangun tidur memiliki banyak manfaat kesehatan.

Menggeliatkan badan setelah bangun tidur bisa membuat tubuh lebih berenergi untuk beranjak dari tempat tidur. Cara ini menghilangkan rasa pegal karena Anda tidur dengan posisi yang sama berjam-jam. Selain itu, ada manfaat sehat menggeliatkan badan di pagi hari, seperti dirangkum CNN Indonesia, (30/1):

 

1-Memperbaiki postur tubuh

Menurut NBC News, ada manfaat terkait peregangan pagi hari, seperti perbaikan postur. Banyak orang, terutama mereka yang duduk di depan komputer untuk waktu yang lama, mengembangkan sikap tubuh yang buruk karena kewalahan otot punggung dan otot dada yang ketat.

Rutinitas peregangan di pagi hari bisa efektif untuk melonggarkan otot-otot yang tegang. Karena otot-otot menjadi lebih fleksibel, perubahan sikap dan postur akan menjadi jelas.

 

2-Meredakkan nyeri sendi

American Council on Exercise menunjukkan peregangan di pagi hari berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan nyeri pada otot dan sendi. Rasa sakit dan nyeri dapat berkembang setiap saat sepanjang hari, tapi lebih sering terjadi di pagi hari, setelah tubuh beristirahat untuk jangka waktu yang lama.

Kekakuan pagi dan nyeri sering terjadi karena adanya peningkatan cairan di sendi dan tulang belakang cakram selama semalam, saat tubuh tidur dalam posisi horizontal. Untuk hasil terbaik, lakukan peregangan lembut untuk menghangatkan tubuh dan mengurangi ketidaknyamanan sendi.

 

3-Meningkatkan aliran darah

American College of Sports Medicine mengatakan peregangan juga berguna meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk otak. Meskipun aliran darah yang sehat penting sepanjang hari, tapi lebih penting lagi selama jam-jam pagi karena Anda memulai hari setelah tertidur selama beberapa jam. Aliran darah yang memadai meningkatkan konsentrasi dan mempertajam indra.

 

4-Meningkatkan energi

Para ahli di American Council on Exercise menunjukkan bahwa peregangan di pagi hari membantu meningkatkan energi untuk sepanjang hari. Peregangan mencegah kelesuan dan perasaan kelelahan.

 

(mer/mer; Merry Wahyuningsih; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150130070533-255-28453/manfaat-sehat-ngulet-setelah-bangun-tidur)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close