YAKES TELKOM

Senam 12-02-2020 KJS BLA Tegallega Bandung Selatan Dan Pencegahan DM

Sebagaimana rutinnya,  KJS BLA Tegallega P2TEL Bandung Selatan melaksanakan Senam Reboan tanggal  12/2/2020. Kegiatan ini  dimulai pkl.07.00

 

Jenis Senamnya: Peregangan; Senam Refleksi, Senam Diabetes-1, Senam Jantung Sehat-3 Senam Pernapasan / pendinginan dan ditutup dengan Senam Poco2. Pemimpin/Instruktur nya masih Pak Agus. Peserta yang berseragam kaos warna kuning abu2 (seragam wisata sehat Yakestel) ini umumnya bersemangat ingin menggapai sehat.

Penutup senam peserta melakukan tradisi saling memijit pundak, mengusap punggung dan pinggul dan memukul-mukul punggung. Tampak, peserta ceria menikmatinya aktivitas ini yg dipandu oleh Pak Agus

 

Sebelum senam diadakan pengukuran bulanan (Februari) yaitu : Tensi, berat dan tinggi  badan juga lingkar pinggang oleh KBS Bu Widianingsih, Pak Syarif dan pak Iyos. Rabu yg lalu Pak Syarif  membawa timbangan badan kini ditambah membawa meja.Salut kepada yang bersangkutan, sehingga makin memperlancar tugas ini

Jumlah peserta 62 orang terdiri dari 27 pensiunan, 24 orang keluarga dan 11 orang umum. Sampai Minggu II Februari peserta yang di ukur 57 orang..

 

Selesai Senam KPC Bandung Selatan menginformasikan tentang DATUL dan dilanjutkan pembagian snack. Semoga dengan rutin ikut senam terbuka peluang kita dapatkan sehat tanpa obat dan tetap semangat. Aamiin. Terimakasih kepada YAKESTEL.

Sebelumnya disebutkan salah satu senamnya adalah Diabetes  (DM) seri-1. Maka ada baiknya kami sajikan bagaimana mencegah penyakit tersebut dari sumber berikut ini :

(hellosehat.com)- Sekali Anda terdiagnosis, DM tidak bisa disembuhkan. Jadi berlangsung  seumur hidup. Pengobatan DM pun berlangsung seumur hidup, untuk menjaga kadar gula tetap normal. Maka lebih baik menerapkan penmencegahan daripada mengobati. Lantas, apa saja tindak pencegahan itu?

Cara mencegah DM

DM (kencing manis) ini penyebab utama dari kebutaan dan gagal ginjal pada orang dewasa. Pengidap DM berisiko tinggi kena komplikasi berupa penyakit jantung dan penyakit kronis lain.

 

Meski begitu, tenang. Penyakit diabetes, terutama DM-2, mudah dicegah. Umumnya DM dapat dihindari dengan sederhana yaitu perubahan gaya hidup jadi lebih sehat. Perubahan ini tidak hanya efektif mencegah DM, tapi juga membuat Anda terhindar dari penyakit kronis di kemudian hari. Inilah cara jitu mencegah DM yang bisa diterapkan mulai hari ini.

1-Raih dan jaga berat badan ideal dan sehat

Yakin berat badan Anda kini ideal, kurang, atau berlebih? Kalau tidak yakin, cari tahu  Indeks Massa Tubuh (IMT) lewat Kalkulator BMI dari Hello Sehat  atau klik link  http://bit.ly/indeksmassatubuh.

 

Memiliki beerat ideal, salah satu cara mencegah DM. Orang obesitas (kelebihan berat badan) berisiko kena penyakit ini. Obesitas mengganggu kerja metabolism, akhirnya sel-sel tubuh tak dapat merespon insulin dengan baik, yang berujung pada diabetes.

2-Makan makanan bergizi

Diet yang baik, itu cara lain mencegah DM. Pencegahan ini membantu Anda mengendalikan berat badan tetap ideal sehingga risiko DM menurun. Kebanyakan orang terbiasa makan berlemak, bergula tinggi, dan serba prosesan (siap saji/kalengan).

 

Anda perlu atur kembali pilihan makanan.  Yaitu mengatur menu makan yang tidak sulit. Pastikan piring makan Anda selalu berisi variasi karbohidrat, protein, serat, lemak baik, serta vitamin dan mineral.

 

Anda bisa dapatkan vitamin, mineral, serat serat yang baik untuk tubuh dari sayur dan buah. Protein bisa dari telur, tahu, tempe, daging tanpa lemak, serta ikan. Cara mencegah DM tidak hanya gizi makan. Pencegahan DM bisa dengan mengurangi nasi putuh sumber karbohidrat. Cobalah karbohidrat lain yang lebih sehat tapi mengenyangkan, misalnya nasi merah, jagung, atau ubi jalar.

 

Selain itu, perhatikan porsi  gula, garam, dan minyak yang ditambahkan ke masakan agar hasil Anda dalam mencegah DM jadi lebih maksimal. Kemenkes RI mewanti-wanti untuk mengonsumsi maksimum 4 sdm gula; 1 sdt garam dan 5 sdm minyak dalam 1 hari.

 

3-Perhatikan porsi makan

Langkah selanjutnya menakar porsi makan sehari-hari. Apalagi jika terbiasa makan nasi putih. Pasalnya, makanan yang mengandung kalori tinggi, seperti nasi putih jika dalam jumlah besar bisa menaikkan berat badan.

 

Idealnya, makan sedikit-sedikit tapi sering ketimbang harus makan banyak sekaligus. Kebanyakan makanan juga bisa berat badan dan gula darah naik yang pada akhirnya memicu DM. Juga dengan membiasakan makan 3-4 porsi sayur untuk satu kali makan dan 2-3 porsi buah dalam satu hari.

 

4-Rutin  ber-OR

Aktivitas fisik, OR rutin dapat dijadikan cara ampuh mencegah diabetes. Tindakan pencegahan DM ini  membakar lemak dan merangsang sel-sel tubuh lebih sensitif terhadap insulin.

 

Lakukan pencegahan ini minimal 30 menit/hari. Anda tidak harus memaksakan diri ke gym untuk olahraga, Anda bisa memilih olahraga ringan di dalam rumah atau ikut Senam Binaan Yakes Telkom.

 

5-Kurangi nonton TV dan main gadget

Mengurangi keebiasaan nonton TV itu jadi cara untuk mencegah diabetes

Risiko DM tidak hanya pada orang dewasa, juga pada anak-anak. Anak-anak TK yang terbiasa menonton TV 1-2 jam setiap hari berisiko sampai 60% kelebihan berat bada,karena ngemil.

 

6-Minum banyak air putih

Mencegah DMs bisa dengan mengurangi konsumsi minuman manis, seperti soda, minuman energi, dan jus buah kemasan). Sebaiknya minum air putih saja.

 

Selain mencegah DM, cukup minum air juga mencegah dehidrasi dan menjaga pasien DM dalam mengelola gejala dan mencgah komplikasi.

 

7-Berhenti merokok

Faktanya, DM-2 adalah jenis diabetes yang paling banyak dialami oleh perokok. Untuk mencegah DM, Anda perlu berhenti merokok.

 

Manfaatnya tidak hanya mencegah DM, berhenti merokok juga menjaga kesehatan secara menyeluruh. Tindakan pencegahan DM selain berhenti merokok, juga hindari asap rokok di sekitar Anda.

 

8-Kurangi gula

Penelitian membuktikan mengonsumsi gula dan karbohidrat olahan berlebihan meningkatkan risiko.  Membatasi konsumsi makanan manis bisa menjadi cara jitu mencegah diabetes.

 

9-Hindari hal yang membuat Anda ngidam makanan manis

Keinginan makanan manis biasanya timbul saat Anda stres atau bad mood. Mengonsumsi makanan manis, kebanyakan orang berasumsi suasana hati jadi lebih baik dan stres berkurang.

 

10-Jangan lewatkan makan

Mencegah DM bisa dengan mengurangi makan banyak. Bukan berarti Anda boleh melewatkan makan. Apalagi pada Anda yang menyukai makanan manis. Kebiasaan ini tidak membantu Anda mencegah diabetes, tapi malah membuat kalap untuk makan makanan manis lebih banyak.

 

(data dan Foto kirimaan H. Djuhana; Sumber : Risky Candra Swari; Bahan dari : https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/diabetes-kencing-manis/pencegahan-cara-mencegah-diabetes/)-FatchurR *

 

*** Menjadi sehat atau berpenyakit itu pilihan Anda (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close