Aku cinta Indonesia

Tony Blair Sebut Pemindahan Ibu Kota Visi Luar Biasa

(beritasatu.com)-JAKARTA; Presiden Jokowi menerima kehadiran delegasi Tony Blair Institute for Global Change yang dipimpin Tony Blair di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, (28/2/2020). Bersama Tony Blair, hadir pula CEO SoftBank Masayoshi Son.

 

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi dan Tony Blair serta Masayoshi Son, membahas pembangunan Ibu Kota Baru (IKB) Indonesia di Kaltim.

 

“Terima kasih telah menerima tawaran untuk jadi Anggota Dewan Penasihat relokasi ibu kota. Saya yakin kerja sama yang kuat ini akan lebih lanjut mendukung pembentukan IKB yang modern dan ramah lingkungan,” kata Jokowi.

 

Sebelum pertemuan digelar, ketiganya lebih dulu berbincang santai di veranda Istana Merdeka. “Saya pikir kita telah berdiskusi dengan Bapak Tony, Bapak Masayoshi di veranda, tapi setelah ini teknis yang akan Anda diskusikan dengan tim saya. Pak Luhut bertanggung jawab dalam diskusi ini” ujar Jokowi.

 

Tony Blair mengaku senang bisa menjadi bagian dari pemindahan ibu kota ini dan memandang bahwa pemindahan IKB merupakan visi yang luar biasa bagi Indonesia. Mantan PM Inggris tersebut menyebut bahwa pemindahan ibu kota juga akan menjadi inspirasi bagi dunia.

 

“Ini benar-benar kesenangan, hak istimewa sebenarnya, untuk menjadi bagian dari sesuatu yang akan sangat menyenangkan. Saya pikir ini tidak hanya untuk Indonesia tapi dunia luar juga akan mendapatkan banyak inspirasi dari ini,” kata Tony Blair.

 

Tony Blair menambahkan, IKB Indonesia nanti tidak hanya akan menjadi pusat pemerintahan semata. IKB, menurutnya, akan sangat menarik bagi masyarakat untuk datang, tinggal, dan bekerja.

 

“Ibu kota yang mampu menawarkan dimensi baru bagi perekonomian Indonesia, cara negara itu berkembang, dan menjadi contoh bagi teknologi terbaik, membangun dengan cara ramah lingkungan,” ungkap Tony Blair.

 

Sedangkan CEO SoftBank, Masayoshi Son, mengatakan, ibu kota baru Indonesia akan menjadi ibu kota pertama di abad ke-21 dengan banyak sentuhan teknologi baru. Mulai dari Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (Iot), hingga teknologi lainnya yang juga ramah lingkungan.

 

“Jadi saya berharap proyek ibu kota ini akan benar-benar datang untuk membuat orang hidup lebih bahagia,” kata Masayoshi. (Lenny Tristia Tambaun; FER; Bahan dari : Sumber: BeritaSatu.com dan https://www.beritasatu.com/nasional/604013/bertemu-jokowi-tony-blair-sebut-pemindahan-ibu-kota-visi-luar-biasa)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close