TELKOMGrup dan SEKAR

Telkom Dipuji Menteri BUMN Masalah Perlindungan Keselamatan Kerja

(industry.co.id)-JAKARTA; Menteri BUMN Erick Thohir memuji langkah cepat seluruh  BUMN yang menerapkan prosedur keselamatan pada seluruh karyawannya. Ini terutama terkait upaya preventif mencegah penyebaran virus Corona.

 

Menurut Erick SOP tentang keselamatan kerja telah dibuat mendetail untuk menjamin terjaganya lingkungan kerja. “Sejumlah langkah preventif dilakukan dari level tertinggi hingga ke level terendah. Di seluruh bidang dan seluruh bagian telah melakukan usaha proaktif untuk menjamin lingkungan kerja yang sehat,” ujar Erick, Selasa (3/3).

 

Terkait seorang karyawan Telkom yang meninggal karena sakit karena radang saluran nafas, batuk, dan demam, Erick menyampaikan duka mendalam. Dalam suasana duka, Erick minta ke seluruh pihak untuk menghentikan segala praduga. Pihak Telkom sudah melakukan langkah cepat dengan berkoordinasi dengan keluarga dan kemenkes untuk mengetahui penyebab sakitnya sang karyawan.

 

“Saya sebagai menteri BUMN menyampaikan duka cita pada keluarga yang ditinggalkan. Jangan berspekulasi karena peristiwa ini sudah ditangani oleh pihak-pihak yang memang punya kompetensi di bidang kesehatan,” ujar Erick.

 

Langkah cepat dan proaktif Telkom untuk merespons penyebab meninggalnya sang karyawan, kata Erick, merupakan bentuk simpati dan tanggung jawab moral perusahaan.  “Kami apresiasi langkah cepat dan empatik yang diambil Telkom,” kata Erick.

 

Sebelumnya Dirut Telkom  Ririek Adriansyah mengakui salah satu pegawainya meninggal karena flu, sesak, dan batuk. Namun kata Ririek yang bersangkutan memang punya riwayat panjang sakit serupa.

 

“Benar ada karyawan kami yang meninggal (3/3) di Rumah Sakit dr Hafiz (RSDH) Cianjur. Berdasarkan riwayat medis yang tercatat di perusahaan, sejak 2010 yang bersangkutan memiliki keluhan dan sering mengalami radang saluran nafas dan batuk pilek,” ujar Ririek.

 

Namun untuk lebih memastikan dugaan penyebab meninggalnya sang karyawan, Telkom telah berkoordinasi dengan Kemenks. “Saat itu kami berkoordinasi intensif dengan Kementerian Kesehatan untuk mendapatkan hasil pemeriksaan laboratorium,” kata dia.

 

Menurut Ririek, sejak merebaknya wabah Virus Corona (Covid-19), Telkom aktif melakukan langkah-langkah preventif terhadap upaya pencegahan penyebaran virus. Salah satu upayanya adalah dengan menyampaikan himbauan kepada seluruh karyawan untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri.

 

“Selain kami mensosialisasikan pengenalan dan pencegahan gejala penyakit virus Corona, menghimbau untuk senantiasa memantau perkembangan penyebaran melalui media informasi resmi, dan mengaktifkan posko yang melibatkan tenaga medis dan call center yang bisa dihubungi 24 jam” ujarnya

 

(Herry Barus;  Bahan dari : https://www.industry.co.id/read/61665/pt-telkom-mendapat-pujian-dari-menteri-bumn-terkait-perlindungan-keselamatan-kerja)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close