Wisata dan Kuliner

9 Tempat Kuliner Di Lombok(3/3)

(tripzilla.id)- 7-Opak-opak Plecing-Lombok Utara

Plecing kangkung merupakan hidangan yang melengkapi ayam taliwang. Menjelang bulan Ramadan seperti saat ini, masyarakat Lombok Utara gemar membuat opak-opak dan menyajikan plecing kangkung di ‘mangkok’ opak-opak tersebut. Opak-opak plecing ini biasa dihidangkan untuk menu berbuka.

 

Membuat opak-opak cukup mudah, hanya dengan bahan baku ubi kayu yang dikupas, diparut, lalu diperas hingga menjadi tepung kanji.

 

Setelah tepung kanji dicampur santan dan garam, opak-opak dibentuk sedemikian rupa agar dapat dijadikan ‘wadah’ plecing kangkung. Yang membuat khas tentu adalah sambal plecing kangkung yang otentik, yang hanya bisa Anda temukan di Lombok.

 

Lokasi: Desa Tanjung, Kabupaten Lombok Utara
Harga: Mulai dari 1,000 IDR per porsi

8-Sayur Ares-Lombok Tengah

Sayur berbahan dasar pelepah pisang ini dulunya hanya bisa ditemui di acara-acara hajatan di Desa Sasak. Pisangnya pun bukan pisang sembarangan, harus pisang kepok atau pisang raja. Meski unik, bumbu untuk memasaknya sendiri cukup sederhana, yaitu bumbu kare pada umumnya.

 

Terkadang pelepah pisang di sayur ares digantikan oleh nangka atau pepaya muda. Namun hal ini tidak mengurangi keunikan masakan tersebut. Untuk mencobanya, Anda bisa mencari rumah makan khas Lombok yang tersebar di Kota Mataram.

 

Lokasi: Rumah Makan Khas Lombok Tanjung Karang, Jalan Arya Banjargentas No. 88X, Ampenan, Sekarbela, Tanjung Karang, Kec. Mataram, Kota Mataram 83115

9- Beberuk-Karang Taliwang

Beberuq terong adalah sejenis ‘lalapan’ untuk pendamping ayam taliwang atau ikan bakar. Hampir setiap rumah makan yang menjual ayam taliwang, turut menghidangkan beberuq terong. Berbahan dasar terong gelantik yang renyah, masakan ini menciptakan kesan segar.

 

Maklum, bumbunya terdiri dari cabe merah keriting, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, kencur, terasi bakar, gula pasir, garam, lalu disiram dengan minyak jelantah.

 

(Primadita Rahma; Bahan dari : https://www.tripzilla.id/tempat-makan-kuliner-lombok/19109)-FatchurR * Tamat…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close