Iptek dan Lingk. Hidup

Hoax China Akui Dokter Palestina Penemu Vaksin Corona Dan Ampuh 100 Persen

(turnbackhoax.id)- Palestina dan negara-negara di Arab lain belum menemukan vaksin corona. Tidak ditemukan sumber info di dalam berita itu, termasuk tidak ada sumber resmi dari Kemenkes China yang dikutip dalam pemberitaan itu. Selengkapnya di bagian Penjelasan dan Referensi

Beredar artikel berjudul “China Akui Dokter Palestina Penemu Vaksin Corona yang Terbukti Ampuh 100 Persen” yang dimuat di situs asianmuslim[dot]com pada Sabtu, 14 Maret 2020, 5:37 PM. Artikel ini berisi klaim sebagai berikut:

“China resmi mengumumkan, keberhasilan serum Palestina yang diberikan ke Dr. Manar Saadi Al-Shenawi. Melalui Kemenkes China temuan ini di dedikasikan sebagai serum mengobati Corona, yang terbukti 100% efektif pada 7 kasus yang disembuhkan. Pemerintah China terang-terangan mengakui  ilmuwan medis Palestina membuktikan kepada dunia bahwa mereka adalah pembuat kehidupan”.

 

“Serum Palestina telah jadi 100% hak paten yang  di ekspor ke semua negara di dunia, otoritas harga itu ditentukan Kemenkes Palestina, yang akan booming ekonomi dalam sejarah kedokteran Palestina, dan mungkin untuk menjual obat yang akan membayar hutang Palestina dan jadi ekonomi Tiongkok dalam waktu dekat.” (Sumber : https://perma.cc/7URY-9N2U (Arsip)

 

Penjelasan

Hasil penelusuran Tim Cekfakta  Liputan6.com, tidak ada artikel yang menjelaskan klaim China Akui Dokter Palestina Penemu Vaksin Corona yang Terbukti Ampuh 100%. Begitu pun nama dr Manar Saadi Al-Shenawi yang diklaim sebagai dokter penemu vaksin virus corona. Liputan6.com juga tidak menemukan nama ini di mesin pencari google.

 

“Mesbar” memverifikasi berita yang diedarkan dan menemukan itu dibuat-buat, diedarkan dari waktu ke waktu dalam formula yang sama, dengan perubahan nama negara dan dokter, karena prevalensi yang sama menyebar beberapa hari yang lalu, dan diklaim serum itu penemuan orang Mesir, orang Palestina dan orang Lebanon.

 

Sebuah “penyelidikan” meneliti situs web resmi Kemenkes Palestina, dan dia tidak menemukan bukti klaim itu, dan nama dokter yang beredar tidak tersedia di antara staf Kementerian Kesehatan Palestina.

 

Kemenkes Mesir membantah berita itu ketika beredar sebagai keberhasilan Mesir, dan WHO tidak mengumumkan penemuan vaksin apa pun yang mengobati virus corona sampai penulisan laporan ini.

 

(Bahan dari : https://turnbackhoax.id/2020/03/16/salah-china-akui-dokter-palestina-penemu-vaksin-corona-yang-terbukti-ampuh-100-persen/)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close