Iptek dan Lingk. Hidup

Hoax Trump Umumkan Vaksin Virus Corona Dari Roche Medical Company

(suara.com)- Sebuah video diklaim berisi pengumuman dari Presiden AS Trump, tentang ketersediaan Vaksin Virus Corona baru SARS-Cov-2 penyebab wabah Covid-19 kini viral di Indonesia. Video berdurasi 36 detik itu disebarkan di aplikasi pesan WA dan medsos seperti FB serta Twitter.

 

Tidak hanya video, konten yang viral itu disertai tulisan yang isinya demikian: Vaksin Vaksin Corona!

Saat ini, Trump mengumumkan bahwa Roche Medical Company akan meluncurkan vaksin hari Minggu depan, dan jutaan dosis sudah siap! – Permainan selesai.

 

Now, direct Trump announced that Roche Medical Company will launch the vaccine next Sunday, and millions of doses are ready from it–the end of the play. Video yang sama disertai narasi lain seperti di bawah ini: Apakah permainan akan berakhir? RM siap meluncurkan jutaan vaksin minggu depan.

 

Penjelasan

Saat disaksikan hingga tuntas, tokoh yang dipersilahkan bicara oleh Presiden AS, Donald Trump di video itu adalah Matt Sause – Presiden dan CEO Roche Diagnostics North America. “Dari Roche kami ingin berterima kasih kepada FDA karena dengan cepat telah memberi izin untuk penggunaan tes virus corona kami,” kata Sause dalam video itu.

 

Da berterima kasih ke FDA dan CDC karena mengizinkan alat tes atau test kit virus corona buatan Roche dijual di pasaran. Dalam video itu, Trump dan Sause tak menyebut kata vaksin untuk virus corona. CD, badan pusat pencegahan dan pengendalian penyakit di AS. FDA adalah lembaga yang mengatur soal makanan dan obat-obatan.

 

Video itu potongan dari video live stasiun televisi AS, NBC News yang diunggah ke Youtube pada 14/3/20. Aslinya di Youtube video  2 jam 16 menit dan berisi konferensi pers Trump soal virus corona. Dalam konferensi pers itu, Trump mengundang perusahaan swasta di AS yang bersedia berkolaborasi dengan pemerintah untuk ikut serta melawan virus corona.

 

Roche, salah satunya dan perusahaan itu berperan menyediakan test kit untuk mendeteksi pengidap virus corona baru di balik wabah Covid-19. Menurut Wired, Roche – perusahaan Swiss – mendapat izin dari FDA untuk menjual test kit virus corona di AS pada 13/3/20. AS mengalami kelangkaan alat tes/test kit virus corona.

 

Roche mengatakan akan mengirim 400.000 test kit virus corona ke AS dan akan memproduksi 400.000 alat tes per pekan. Alat tes virus corona buatan Roche diklaim mampu menghasilkan  dalam hitungan jam.

 

Kesimpulan

Video itu sama sekali tidak membicarakan soal vaksin virus corona. Yang dibicarakan soal ketersediaan test kit atau alat tes untuk mendiagnosis virus corona penyebab wabah Covid-19 di Amerika Serikat.

 

(Bahan dari : ) https://www.suara.com/tekno/2020/03/17/145153/cek-fakta-trump-umumkan-vaksin-virus-corona-dari-roche-medical-company)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close