Iptek dan Lingk. Hidup

Lima Tokoh Konservasi Dunia Yang Sebaiknya Kita Ketahui (4/5)

(mongabay.co.id)- 4-John Muir (1838-1914)

John Muir, meski masih diperdebatkan, merupakan tokoh paling berpengaruh dalam sejarah Amerika.

 

Muir yang sering disebut sebagai “Bapak Sistem Taman Nasional Amerika,” merupakan advokat untuk perlindungan dan pelestarian kawasan alam.

 

Dia menulis artikel tentang konservasi untuk berbagai majalah termasuk The Century, yang menjelaskan kerusakan hutan dan padang rumput di pegunungan. Tulisan-tulisannya mempengaruhi kongres untuk mendirikan taman nasional, seperti Yosemite, Hutan Petrified, Grand Canyon, Gunung Rainier, dan Sequoia.

 

Robert Underwood Johnson, editor The Century yang dibantu Muir di beberapa kampanye lingkungannya, menyarankan Muir untuk membentuk sebuah organisasi untuk melindungi Sierra Nevada dari degradasi.

 

Pada tahun 1892, Muir mendirikan Sierra Club dengan sekelompok pendukungnya.  Organisasi itu bertujuan untuk membangun taman nasional yang baru dan untuk meyakinkan pemerintah untuk lebih melindungi Yosemite. Saat ini, Sierra Club adalah organisasi lingkungan akar tapak terbesar di dunia dengan lebih dari 2,4 juta anggota.

 

Muir juga dikenal dalam momen berkemah tiga malam dengan Presiden Theodore Roosevelt di Yosemite pada tahun 1903. Setelah membaca buku Muir 1901, Taman Nasional kami, Roosevelt memutuskan untuk mengunjungi Muir di Yosemite, dan menyatakan, “Saya ingin menjatuhkan politik benar-benar selama empat hari dan hanya keluar di tempat terbuka dengan Anda (Muir).”

 

Selama kemah tersebut, Muir meyakinkan presiden untuk memperluas perlindungan lahan milik pemerintah di dalam dan sekitar Taman Nasional Yosemite setelah memperlihatkan eksploitasi sumber daya dan degradasi lahan di kawasan tersebut.

 

Momen tersebut sangat membekas bagi Roosevelt dan mengarahkannya untuk meningkatkan program konservasi pada masa pemerintahannya.

 

(Jay Fajar; Bahan dari : https://www.mongabay.co.id/2016/09/22/ini-lima-tokoh-konservasi-dunia-yang-semestinya-kita-ketahui-siapa-sajakah/)-FatchurR * Bersambung…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close