Iptek dan Lingk. Hidup

Lima Tokoh Konservasi Dunia Yang Sebaiknya Kita Ketahui (5/5)

(mongabay.co.id)- Rachel Carson (1907-1964)

Rachel Carson adalah ahli biologi laut Amerika dan penulis dari buku terkenal tahun 1962, Silent Spring, yang menggambarkan bahaya pestisida kimia, terutama DDT.

 

Dalam bukunya itu, Rachel berpendapat bahwa penggunaan pestisida menjadi ancaman serius bagi kehidupan ikan dan burung dan bisa memiliki efek berbahaya pada anak-anak.

 

Buku itu mendorong pemerintah Amerika Serikat untuk melarang DDT, dan Silent Spring sering dianggap sebagai motor penggerak gerakan lingkungan modern dan pengembangan Badan Perlindungan Lingkungan (Environmental Protection Agency/EPA) Amerika.

 

Sebelum menulis Silent Spring, Rachel bekerja untuk Badan Perikanan Amerika, kemudian berganti nama menjadi Fish and Wildlife Service, akhirnya menjadi pemimpin editor dari semua publikasi mereka pada tahun 1949.

 

Dia juga menulis sejumlah artikel biologi kelautan untuk surat kabar dan majalah serta menerbitkan 3 buku tentang laut, yaitu Under the Sea-Wind, The Sea Around Us dan The Edge of the Sea.

 

Tulisan-tulisan Rachel mempengaruhi publik tentang lingkungan hidup dan banyak dari mereka menyoroti dampak aktivitas manusia yang mengubah alam. Dan buku Silent Spring mengukuhkannya sebagai salah satu pelestari lingkungan paling berpengaruh sepanjang masa.

 

(Jay Fajar; Bahan dari : https://www.mongabay.co.id/2016/09/22/ini-lima-tokoh-konservasi-dunia-yang-semestinya-kita-ketahui-siapa-sajakah/)-FatchurR * Tamat…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close