Aku cinta Indonesia

Cara Pelanggan Listrik 450 VA Dan 900 VA Dapatkan Token Gratis

(money.kompas.com)- Kementerian ESDM menyatakan, PLN akan membagikan token listrik gratis kepada pelanggan prabayar listrik golongan 450 voltampere (VA) dan subsidi 900 VA selama 3 bulan. Hal itu sesuai dengan salah satu poin yang tercantum dalam Perppu No. 1/2020.

 

Di dalam Perppu itu disebutkan pembebasan biaya listrik 3 bulan untuk 24 juta pelanggan listrik 450 VA dan diskon 50% untuk 7 juta pelanggan 900 VA. Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kemen-ESDM Hendra Iswahyudi mengatakan, cara klaim token gratis sama dengan saat PLN memberi kompensasi pemadaman listrik massal yang terjadi pada Agustus 2019.

 

“Untuk yang token, PLN sudah ada pengalaman waktu beri kompensasi saat black out kemarin,” katanya dalam konferensi video, (1/4/2020). Nantinya pemerintah dan PLN menyiapkan aplikasi, sehingga  pelanggan hanya perlu memasukan ID pengguna listrik, kemudian voucher token akan muncul.

 

“Jadi sudah ada aplikasi konsumen,  tinggal masukin ID pelanggan, lalu dapat voucher, dan masukkan saja. Jadi saya rasa sudah cukup valid diimplemetasikan ketika blackout,” terang Hendra.

 

Sementara itu, Dirjen Ketenagalistrikan Kemen-ESDM Rida Mulyana menjelaskan, besaran token gratis untuk pelanggan golongan 450 VA dihitung berdasarkan penggunaan listrik terbesar selama 3 bulan terakhir. Pihaknya bersama PLN sudah memilki data terkait profil penggunaan listrik pelanggan selama beberapa bulan terakhir.

 

Dengan demikian, PLN akan memberi token gratis dengan besaran yang ditentukan dengan mengambil data penggunaan listrik terbesar sejak Januari – Maret 2020.

 

“Kami dan PLN, punya profile-nya masing-masing pelanggan dan mereka ketahuan beli maksimumnya dalam 3 bulan terakhir itu berapa dan itu yang kita berikan gratis 3 bulan ke depan angka maksimumnya,” tutur Rida.

 

Kemen-ESDM dan PLN akan menggunakan skema penghitungan besaran yang sama untuk pelanggan listrik 900 VA subsidi. Namun bedanya, setelah nanti ditemukan berapa biaya penggunaan listrik terbesar selama 3 bulan terakhir, akan dipotong 50%.

 

Hal ini sesuai pernyataan Presiden, bahwa pelanggan listrik 900 VA subsidi mendapatkan potongan sebesar 50%. “Sebagaimana disampaikan presiden akan diberi diskon 50% dari biaya pemakaian dan beban, nah itu akan dikalikan 50%” ucap Rida.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Begini Cara Pelanggan Listrik 450 VA dan 900 VA Dapatkan Token Gratis”, Penulis : Rully R. Ramli; Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan; Bahan dari : https://money.kompas.com/read/2020/04/01/190700126/begini-cara-pelanggan-listrik-450-va-dan-900-va-dapatkan-token-gratis)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close