Kristiani dan Hindu

Gereja Terbesar Di Dunia(3/3)

(tempatwisataunik.com)- 3-Cathedral De Seville

Gereja terbesar di dunia lainnya : Katedral Sevilla menempati bangunan gigantik bekas masjid Agung Almohad, yang juga menjadi katedral terbesar di Spanyol.

 

Rumah ibadah bagi umat Katolik ini masuk ke dalam urutan nomor tiga gereja terbesar di dunia. Di Katedral ini ada menara bernama La Giralda yang juga termasuk ke dalam situs warisan dunia.

 

Sebelum jadi gereja terbesar di dunia, Cathedral De Seville adalah masjid, dibangun abad ke 12 bernama masjid agung Almohad. Karena gempa bumi yang mengguncang Sevilla (1365), sebagian bangunan masjid rusak. Bulan Juli 1401, dan akhirnya dibangun katedral.

 

Simbol di masjid ini sebagian tetap dipertahankan. Pendekorasian ruangan katedral terbesar dari Sevilla ini berlangsung sampai awal abad ke 20. La Giralda bagian masjid yang selamat dari gempa, dan merupakan menara yang sebelumnya untuk mengumandangkan adzan dan beralih fungsi jadi bell tower Katedral Sevilla.

 

Bagian lain yang selamat : Patios de los Naranjos : Taman besar yang dihiasi air mancur dan pohon jeruk yang sebelumnya untuk berwudhu. Ruangan katedral ini sangat besar dengan lengkungan-lengkungan yang nampak indah diatapnya.

 

Dekorasi lain, ada beberapa kapel, kubahnya menawan, dan jendela kaca patri yang indah. Ada hal lain yang jadi daya tarik gereja ini, makam Christopher Colombus penemu benua Amerika. Kemegahan dari bangunan ini makin terlihat dari altar utama yang berhias relief yang pengerjaannya perlu 44 tahun.

 

Bahkan altar gereja ini jadi altar terbesar di dunia yang memiliki 36 panel relief, semua terbuat dari emas. Lokasinya yang berada di Kota wisata Spanyol membuat namanya makin terkenal. Beberapa katedral atau gereja terbesar di dunia lainnya yaitu:

 

4-Basilica of the National Shrine of Our Lady of Aparecida, di Brazil di peringkat ke dua gereja terbesar di dunia. Gereja ini panjangnya 173 meter dengan lebarnya 168 meter. Dengan ukurannya ini, gereja ini mampu menampung 45.000 umat dalam satu kali acara.

 

5-Cathedral of St. John the Divine, bangunan sepanjang 183,2 mt dan lebar 70,7 mt ini sempat terbakar tahun 2001 dan langsung diperbaiki oleh pemerintah Unites State. Gereja terbesar ke-4 di dunia ini dapat julukan baru yaitu St Yohanes Unfinished.

 

Itulah 5 gereja terbesar dunia selain berukuran besar, juga memiliki desain arsitektur  menawan. Bahkan tidak jarang gereja itu memiliki cerita sejarah yang layak disimak.

 

(Devinda; Bahan dari :  https://tempatwisataunik.com/info-wisata/wisata-religi/gereja-terbesar-di-dunia)-FatchurR * Tamat…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close