Iptek dan Lingk. Hidup

Hewan Liar Berpesta Pora Beruang Salah Satunya

(travel.detik.com)-JAKARTA; Keadaan berbalik. Orang-orang terkurung di rumah dan hewan liar bebas mengadakan pesta di tempatnya tanpa gangguan.

 

Diberitakan CNN, (18/4/2020), kejadian kali ini ada di Taman Nasional Yosemite, California. Sebelumnya ada kambing hingga monyet turun gunung, kini giliran beruang dilaporkan mengadakan pesta.

 

“Beruang-beruang itu berjalan menyusuri jalan menuju ke tempat yang mereka inginkan,” kata ranger, Katie Patrick. Dia ahli biologi yang telah bekerja mengamati beruang hitam di Yosemite sejak 2007.

 

“Saya pikir mereka mengadakan pesta,” jawabnya menanggapi pertanyaan tentang apa yang telah dilakukan hewan-hewan itu sejak Yosemite ditutup pada 20 Maret lalu.

 

Biasanya, hewan liar ini mengalami kesulitan di Yosemite karena lalu lintas yang padat. Banyak mobil berdesakan di dalam taman, terutama di kawasan Lembah Yosemite yang jadi lokasi favorit beruang.

 

Ranger Katie bekerja dalam Program Manajemen Beruang Manusia. Tujuannya mengurangi konflik manusia dan beruang berada dalam jarak begitu dekat.

 

“Pekerjaan saya adalah menjaga sebanyak mungkin agar beruang tetap liar di taman ini,” katanya. Artinya, pengunjung harus menyimpan makanan dengan benar dan berada di jarak lebih dari 50 meter.

 

Yosemite merupakan salah taman nasional terpopuler di AS, di posisi kelima dari 62 taman. Sekitar 4,4 juta orang mengunjungi taman itu pada 2019.

 

Yosemite adalah rumah bagi sekitar 500 beruang hitam. Belum ada peningkatan populasi semenjak penutupan, namun lebih mudah melihat beruang.

 

Kurang dari 1% beruang yang telah ditandai. Sampai saat ini belum pernah ada laporan kematian pengunjung akibat serangan beruang.\

“Ada gigitan dan cakaran oleh beruang ke pengunjung. Sebagian besar kasus ini karena manusia terlalu dekat dan mereka bereaksi untuk melindungi diri,” katanya.

 

(msl; ddn; Ahmad Masaul Khoiri; Bahan dari : https://travel.detik.com/travel-news/d-4980982/hewan-liar-kini-bisa-berpesta-pora-beruang-salah-satunya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close