Wisata dan Kuliner

Kota Sepi Indonesia(1/5)

(boombastis.com)- Suatu kota identik dengan penduduk padat yang bermukim. Gedung perkantoran, mall, hingga pusat rekreasi tersebar ke mana-mana. Kadang kita menjauhi kota pergi dari keriuhan dan kepenatan bekerja. Kita akan ke tempat lebih tenang agar tubuh kembali ke performa terbaiknya.

 

Tapi tahukan anda, ada beberapa kota berkembang di Indonesia banyak yang lengang? Tidak terlalu padat bangunan, namun layak dikunjungi sebagai alternatif lain penyegar pikiran. Berikut daftar 11 kota berkembang paling lengang yang bisa kita jadikan referensi.

 

1-Malinau Kalimantan Utara

Malinau salah satu kota di Provinsi Kalimantan Utara. Awalnya kota ini tempat bermukim Suku Dayak Tidung. Lantas perlahan terjadi modernisasi hingga jadi sebuah kecamatan. Setelah pemekaran Kalmantan Utara, kecamatan ini berubah menjadi Kabupaten Malinau.

 

Kepadatan penduduk di Malinau rendah, hanya 1-1,5 orang per km2. Malinau luas wilayahnya hampir 40 km2. Saat ini Malinau membangun wilayahnya, terutama perbaikan sektor pendidikan, kesehatan, juga pariwisata. Hal terkenal dari Malinau adalah wisata budaya dengan keramahan suku lokal yang akan senang hati menyambut pendatang.

2-Murung Raya Kalimantan Tengah

Murung Raya, kabupaten paling utara dari Provinsi Kalteng. Kabupaten ini pemekaran dari Kabupaten Barito (2002). Pada Sensus 2010, diketahui kepadatan peduduk di kabupaten ini hanya berkisar 3 orang per km2. Hal ini membuat Murung Raya terlihat lengang jika dibanding kota lain di Kalimantan.

 

Meski tidak ramai, Murung Raya menyimpan banyak potensi wisata memukau. Salah satunya berdirinya monumen Ekuator pertanda Indonesia dilalui oleh garis Khatulistiwa. Selain itu di Murung Raya ada peninggalan Belanda berupa benteng besar. Selebihnya Murung Raya menyajikan wisata pedesaan adat yang membuat kita betah berada di sana.

 

(Adi Nuggroho; Bahan dari : https://www.boombastis.com/kota-sepi-indonesia/25001)-FatchurR * Bersambung……..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close