Wisata dan Kuliner

Kreasi Minuman Jahe Hangat Yang Berkhasiat

(lifestyle.sindonews.com)-JAKARTA; Minuman jahe hangat (wedang jahe) kini  digandrungi masyarakat di tengah pandemi virus Covid-19. Variasi minuman jahe tradisional bisa Anda temukan dalam bentuk wedang jahe, ronde, hingga sekoteng.

Anda bisa mengkreasikan minuman jahe lebih mudah dengan bahan yang ada di rumah. Kreasi pertama minuman jahe mengombinasikan dengan jeruk lemon jadi minuman yang cocok dinikmati pagi hari. Apalagi untuk ibu hamil yang kerap merasakan mual atau morning sickness, mengonsumsi jahe bersama perasan jeruk lemon bisa meredakan mual.

Cara membuat minuman jahe lemon mudah. Pertama, bersihkan beberapa ruas jahe, geprek dan rebus dengan air hingga mendidih. Campurkan sari minuman jahe yang sudah mendidih tadi dengan perasan jeruk lemon. Minuman jahe lemon pun bisa lebih sederhana dibuat karena saat ini banyak dijual jahe bubuk sehingga tinggal diseduh, lalu campurkan perasan jeruk lemon yang kaya akan vitamin C.

 

Rempah sebagai antibiotik alami ini ada dua jenis, jahe putih dan jahe merah. Jahe merah, bermanfaat lebih baik.

 

Kandungan flavonoid pada jahe merah bersifat antiperadangan. Jadi, tidak hanya meredakan gejala batuk, mengonsumsi jahe merah, efektif menyembuhkan sakit tenggorokan, terutama radang. Karena itu, sesekali minuman jahe Anda di rumah bisa menggunakan bahan dasar jahe merah.

Jahe merah yang kaya khasiat juga cocok jika dibuat minuman jahe madu. Madu selain sebagai pemanis alami, juga berkhasiat dan sebagai sumber energi tubuh. Madu juga jadi tambahan stamina, apalagi kandungan vit-C di dalamnya bisa meningkatkan daya tahan tubuh di tengah kondisi pandemi korona.

 

Madu yang ditambahkan pada jahe ikut membantu meredakan batuk dan radang tenggorokan. Kandungan dekstrometorfan dalam madu dapat meredakan batuk dan memberi ketenangan saat tidur. Karena itu, minuman jahe madu cocok dikonsumsi sebelum Anda tidur.

Kreasi minuman jahe lainnya, mencampur rempah jahe dengan susu. Tambahkan air jahe yang sudah direbus mendidih dengan satu cangkir susu murni yang di dalamnya mengandung beragam nutrisi, yakni kalori, protein, lemak, kalsium, vit-D, fosfor, selenium, vit-A, magnesium, dan vit-B12. Selain membuat tenggorokan hangat, perpaduan jahe susu juga memberi beragam nutrisi penambah daya tahan tubuh.

Minuman jahe lainnya, perpaduan Jahe dan rempah alami, seperti sereh dan kayu manis. Rempah kayu manis dari sisi kesehatan dan kecantikan jadi obat alternatif. Konsumsi kayu manis membantu mengurangi lemak atau lingkar pinggang. Kayu manis juga bisa membantu mengurangi respons negatif tubuh pada makanan berlemak tinggi yang umumnya menambah berat badan.

Berbagai masalah kesehatan bisa diatasi dengan kayu manis, tapi penggunaannya tak boleh berlebihan. Untuk rempah serai yang dicampurkan pada minuman jahe akan mencegah infeksi, menurunkan kolesterol, dan menenangkan.

 

Kandungan dalam serai, di antaranya asam folat, riboflavin, vit-A, vit-C, kalium, besi, mangan, berdampak imunitas tubuh menjadi kuat. Serai yang ditambahkan pada minuman jahe juga memiliki berbagai khasiat, seperti antijamur, antipiretik, analgesik, serta antioksidan.

Jadi, tidak ragu dan tidak bosan lagi mengonsumsi minuman jahe, bukan? Selain menjaga daya tahan tubuh dari serangan virus dan penyakit, minuman jahe ditambah beragam bahan tadi punya banyak fungsi. Namun, untuk konsumsi jahe sehari-hari sebaiknya tidak lebih dari takaran yang dianjurkan dokter. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi jahe pun berdampak pada pencernaan seperti diare.

 

(Diah Ayu Pamela; ysw; Bahan dari : Koran Sindo dan https://lifestyle.sindonews.com/read/1579792/185/yuk-buat-kreasi-minuman-jahe-hangat-yang-berkhasiat-1586118458)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close