Aku cinta Indonesia

Tujuh Fakta Tol Cisumdawu Terindah Di Indonesia(2/3)

(katadata.co.id)- 2-Mempersingkat waktu tempuh Bandung-Bandara Kertajati jadi 45 menit

Proyek tol Cisumdawu akan mempersingkat jarak tempuh dari Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (Kertajati) Majalengka jadi 45 menit hingga maksimal satu jam. Sebelumnya, perlu waktu 3,5 jam untuk menghubungkan kedua kota tersebut.

 

“Tidak perlu memutar lagi untuk sampai ke Bandara Kertajati,” kata Kasatker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan Cisumdawu, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Yusrizal Kurniawan, seperti dikutip Liputan6.com, Kamis (5/9/2019).

 

Hal ini akan memperlancar akses masyarakat dari Bandung ke Kertajati dan sebaliknya. Seperti diketahui, Bandara Internasional Jawa Barat itu menjadi hub untuk penerbangan haji, umrah, dan pusat penerbangan domestik untuk rute ke luar Pulau Jawa.

 

Adapun Bandara Husein Sastranegara di Bandung akan melayani pesawat baling-baling karena landasannya pendek, cekung, dan berada di kawasan padat penduduk.

 

3-Terowongan kembar dengan teknologi anti-longsor

Proyek tol ini memiliki dua struktur terowongan kembar sepanjang 472 meter dan lebar 15 meter. Terowongan ini dibangun oleh kontraktor asal Tiongkok, Metallurgy Corporation of China (MCC) yang memberikan transfer teknologi kepada insinyur dan tenaga konstruksi Indonesia.

 

Terowongan dibangun di lahan yang rawan longsor sehingga digunakan teknologi New Austrian Tunneling Method (NATM). Seperti dilansir Kompas.com, sistem rekayasa terowongan ini memaksimalkan resistensi yang melekat di tanah dan kapasitas dukungannya.

 

NATM memungkinkan deformasi massa batuan sebelum menstabilkan terowongan sehingga mengurangi jumlah bahan pendukung tambahan.

 

Terowongan ditutup dengan lapisan beton yang disemprotkan (shotcrete) agar meningkatkan kohesi internal massa batuan, memperkuat galian pendukung, dan bertindak sebagai lapisan sementara maupun lapisan akhir. Pembangunan terowongan menelan dana Rp 890 miliar dalam waktu 1,5 tahun.

 

(Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul “Tujuh Fakta Tol Cisumdawu, Tol Terindah di Indonesia” , Penulis / Editor: Hari Widowati ; Bahan dari : https://katadata.co.id/berita/2020/01/20/tujuh-fakta-tol-cisumdawu-tol-terindah-di-indonesia)-FatchurR * Bersambung…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close